ramadan2024

ramadan2024

Terendam Banjir, Sebagian Warga Tolinggula Enggan Mengungsi

×

Terendam Banjir, Sebagian Warga Tolinggula Enggan Mengungsi

Sebarkan artikel ini
- Sejumlah warga korban banjir di Desa Tolinggula Tengah, Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara memilih bertahan di rumah mereka, Jumat (27/1) (F. Yudhistirah Saleh/ Gorontalo Post)

GORONTALO, hargo.co.id –  Meski telah direndam banjir sejak kamis (26/1) kemarin, korban banjir Tolinggula enggan dievakuasi.

hari kesaktian pancasila

Warga lebih memilih untuk di rumah-rumah mereka meski ketinggian air hingga Jumat (27/1) pagi masih mencapai 50 cm.

Hasil pantauan Gorontalo Post Jumat (27/1),  memasuki hari kedua banjir yang menghantam 8 desa di Kecamatan Tolinggula,  Kabupaten Gorontalo Utara,  puluhan rumah masih terendam banjir.

Example 300250

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Gorontalo Utara mencatat dari 726 rumah yang sempat direndam banjir, tersisa tinggal 67 rumah yang masih terendam banjir.

“Masih ada 67 rumah yang terendam di Desa Tolinggula tengah,  karena disitu titik terparah banjir,”  ujar Nurdin Molungo,  Kabid Penanggulangan BNPB Gorontalo Utara.

Sayangnya menurut Nurdin,  meski tim evakuasi dari BNPB, Polri, TNI dan sejumlah instansi lain telah mencoba untuk melakukan evakuasi,  warga memilih untuk bertahan di rumah mereka masing.

Ramadhan 2024

Sementara itu,  Norman Nurkamiden salah seorang warga Desa Tolinggula Tengah,  Kecamatan Tolinggula,  Kabupaten Gorontalo Utara saat ditemui Gorontalo Post mengaku,  alasan dirinya hendak bertahan karena khwatir barang-barangnya hanyut dibawa banjir.

“Rumah kami dekat dengan tanggul pak,  makanya kami takut barang-barang kami ikut terseret banjir,” ujarnya.

Nurdin juga menambahkan,  ia dan keluarganya tetap akan bertahan hingga air benar-benar surut atau hingga rumah mereka benar-benar tenggelam.
Sebelumnya,  8 desa di Kecamatan Tolinggula, Kabupaten Gorontalo Utara dihantam banjir.  Bencana banjir terjadi akibat jebolnya salah satu tanggul sungai Tolinggula. Sedikitnya 3.128 jiwa terkena dampak banjir.  (tr-45)



hari kesaktian pancasila