Senin, 1 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terhimpit Pandemi, Pemda Kabgor Permudah Izin Usaha

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Kab. Gorontalo , pada Kamis, 21 Januari 2021 | 20:05 WITA Tag: , , ,
  Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Hadijah Thayeb, saat mengikuti pertemuan virtual di ruang rapat Upango bersama Kemendagri, Rabu (20/01/2021). (Foto: Istimewa/KOMINFO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Otonomi Daerah memberikan kewenangan bagi setiap daerah untuk mengelolah sumber daya yang dimiliki menjadi sumber pendapatan melalui investasi. Investasi menjadi hal penting bagi daerah dalam menciptakan multi efek yang sangat tinggi dalam perkembangan ekonomi.

Masalahnya, mendatangkan investor bukan suatu pekerjaan sederhana. Pasalnya, investor punya banyak pertimbangan sebelum menanamkan modalnya ke suatu daerah.

Hal tersebut menuntut pemerintah untuk berfikir kreatif dan jeli dalam menangkap peluang, baik dalam merumuskan kebijakan maupun dalam memberikan kepastian investasi.

Selain itu, daerah juga harus bisa memberikan pelayanan terbaik kepada investor, Terutama dalam mengurus izin usaha. Kesulitan dalam mengurus Izin Usaha ini membuat para investor kesusahan bahkan batal menjadi investor di suatu daerah.

BACA  Dorong Partisipasi Masyarakat, Wagub Gorontalo Minta Pemda Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo terus berupaya untuk menarik para pengusaha untuk berinvestasi di Kabupaten Gorontalo. Salah satunya dengan mempermudah pengurusan perizinan-perizinan usaha di daerah itu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Hadijah Thayeb mengatakan, beberapa hal yang aka  dipermudah dalam Pengurusan Izin tersebut, antara lain percepatan pengurusan perizinan usaha, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan izin lainya. Ia percaya, Berbagai kemudahan tersebut akan menarik banyak Investor ke daerah itu.

BACA  BPKP Serahkan LHP Akuntabilitas Pemerintah Provinsi Gorontalo

“Tentunya kami akan memberikan kemudahan-kemudahan ini. Karena dengan itu investasi bakal naik,” kata Hadijah Thayeb, usai pertemuan virtual di ruang rapat Upango bersama Kemendagri, Rabu (20/01/2021).

Kemudahan tersebut diharapkan dapat mendatangkan Investor dan berdampak pada meningkatnya pendapatan ekonomi daerah maupun laju perputaran ekonomi di masyarakat yang sempat menurun akibat terdampak Pandemi Covid 19

“Jika dilihat dari pertumbuhan ekonomi, mungkin semua daerah di Indonesia mengalami penurunan, dengan diberikannya kemudahan bagi para investor ini diharapkan Perputaran ekonomi akan naik, kesejahteraan masyarakat meningkat, serta diikuti dengan peningkatan pendapatan daerah,” kata Hadijah Thayeb

BACA  Riset Terbaru Ungkap Covid-19 Bikin Kesuburan Sperma Menurun

Kepala Dinas PTSP Kabupaten Gorontalo, Dewi Masita Usman menambahkan, Diawal tahun ini pihaknya telah mengajukan pembuatan Peraturan Daerah (Perda) terkait dengan kemudahan berinvestasi.

“Adanya payung hukum yang mengatur kemudahan investasi ini bertujuan mendorong peningkatan investasi. Ini baru tahap awal, kita sudah melakukan telaah pada Bupati, hanya menunggu disetujui atau tidak,” terang Dewi Masita Usman.(hiu/adv/hg)


Komentar