Rabu, 14 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Bencana Banjir, DPRD Minta Cari Akar Masalahnya

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Rabu, 31 Maret 2021 | 02:05 WITA Tag:
  Para Aleg PDIP dari DPRD Gorontalo Utara saat turun langsung membantu masyarakat yang tertimpa bencana. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Tak ada yang dapat disalahkan ketika bencana terjadi. Termasuk bencana banjir yang terjadi di Gorontalo Utara (Gorut) yang sering dirasakan oleh warganya.

Hanya saja, bagaimana saat ini persoalan banjir yang menjadi momok bersama itu, dapat teratasi dari hulu hingga hilir. Ini sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua DPRD Gorontalo Utara), Djafar Ismail ketika turun langsung melihat situasi di lapangan.

BACA  Rina Polapa Dukung Rencana Pengkajian Bahasa Atinggola

Menurut Djafar Ismail, dapat saja pemerintah melakukan upaya taktis melakukan perbaikan terhadap seluruh infrastruktur yang terdampak banjir. Namun yang menjadi pertanyaan. Apakah itu sudah dapat menjawab persoalan banjir yang terjadi? Apakah dengan memperbaiki dan membangun kembali infrastruktur tersebut, banjir tidak akan terjadi lagi?

“Tentunya terhadap upaya penanggulangan terhadap bencana banjir ini butuh kebersamaan dan dilakukan lintas sektoral. Tidak bisa hanya dilakukan secara parsial, sementara apa yang menjadi penyebab banjir itu sendiri kita tidak atasi.

BACA  Data, Dokumen Penting Dalam Pelaksanaan Program

Dengan membangun fasilitas atau infrastruktur lainnya yang rusak atau terdampak banjir kata Djafar, itu hanya upaya meminimalisir terhadap dampak yang akan terjadi.

“Itu tidak menyelesaikan persoalan banjir yang saat ini menjadi momok bersama dan bahkan tidak hanya merusak aset dan infrastruktur daerah, namun dari sisi pertanian juga sangat terdampak, padi para petani terendam, persediaan beras masyarakat ikut terendam dan masih banyak lagi dampak yang ditimbulkan lainnya,” ujar Djafar Ismail.

BACA  Manfaatkan SDM Lokal, Aleg Gorontalo Utara Apresiasi Sikap Media

Untuk itu, DPRD sanngat mensuport apa saja yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah sesuai dengan tugas dan kewenangan kelembagaan yang diberikan.

“Agar kedepan terhadap bencana banjir di daerah ini dapat teratasi dan masyarakatnya tidak lagi cemas ketika hujan turun” pungkasnya. (abk/adv/hargo)


Komentar