Sabtu, 22 Februari 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Calon Perseorangan, KTP Dukungan Ganda Rugikan Calon 

Oleh Wawan Gusasi , dalam KPU , pada Sabtu, 7 Desember 2019 Tag:
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota tentang syarat dukungan calon independen atau perseroarangan, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo melaksanakan bimbingan teknis, pencalonan dan penggunaan aplikasi sistem informasi pencalonan pada pemilihan serentak tahun 2020, serta sistem informasi manajemen penggantian antar waktu (Simpaw), kepada KPU Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, yang menjadi penekanan dari KPU Provinsi Gorontalo adalah bagiamana KPU Kabupaten/Kota, khususnya tiga KPU yang menyelenggarakan pilkada yaitu KPU Kabupaten Bone Bolango, KPU Kabupatan Pohuwato, dan KPU Kabupaten Kabupaten Gorontalo, untuk lebih memperhatikan lagi identitas atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dimasukkan serta sebaran kecamatan di setiap dukungan.

“Jadi yang harus diperhatikan oleh para calon adalah jumlah minimal dukungannya yang sudah ditetapkan, serta sebarannya ke kecamatan, karena itu akan menjadi pasword awal sebelum ke tahap selanjutnya,” ungkapnya.

Mantan ketua KPU Kabupaten Gorontalo ini menambahkan, kalau pun dalam pelaksanaan verifikasi nanti, terdapat yang ganda antar calon independent, dalam hal ini satu masyarakat memberikan KTP kepada lebih dari satu calon independent, maka itu tentunya akan dibuktikan dalam verifikasi faktual (Verfak) yang akan dilaksanakan oleh tim KPU.

Verfak dilakukan guna melihat apakah dukungan yang diberikan tersebut benar-benar mendukung calon independent atau tidak, dan kalau masyarakat yang ditanyakan menyatakan tidak mendukung, maka akan di garis oleh tim KPU, dan dukungan KTP tersebut dinyatakan tidak sah.

Sehingga bisa mempengaruhi jumlah dukungan yang telah ditetapkan oleh KPU. Kalau calon indpendent tersebut tidak memenuhi syarat dukung, maka pasti akan dinyatakan gugur saat mendaftar.

“Kalau kedapatan yang ganda, kita akan buktikan dalam Verfak nanti,” ujarnya. Nantinya kalau syarat Independent memenuhi syarat maka calon independent akan mendaftar bersama dengan peserta dari Partai Politik (Parpol) pada bulan Maret 2020 mendatang.

“Dan kami dari KPU selalu terbuka bagi masyarakat atau para calon independent untuk melakukan konsultasi terkait dengan penyerahan syarat dukungan,” pungkasnya. (wan/hg)