Rabu, 1 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Capaian PAD, Deisy : Tentukan Target dan Harus Realistis

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Minggu, 28 Agustus 2022 | 06:05 Tag: , ,
  Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Deisy S.M Datau

Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua DPRD Gorontalo Utara, Deisy S.M Datau menegaskan agar dapat menentukan target dan harus realistis dalam pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD). Bukan hanya itu, juga dalam rangka pencapaiannya harus ada inovasi atau terobosan.

 Penegasan Deisy S.M Datau ini terkait capaian target PAD yang tidak maksimal pada 2021, dan juga melihat perkembangan capaian PAD 2022. Menurut Deisy S.M Datau, wajar jika saat ini pihaknya merasa khawatir terhadap pencapaian target PAD yang telah ditetapkan. 

banner 728x485

“Pasalnya dari pengalaman tahun ke tahun tentu sudah dapat diketahui dan untuk 2021 kemarin dinilai rendah, dan ketika masuk 2022 yang saat ini masih berjalan justru target tersebut dinaikan,” ungkapnya.

Memang tidak ada salahnya ketika target dari tahun ke tahun mengalami kenaikan, namun disisi lain kata Deisy, ini juga harus dibarengi dengan kinerja atau langkah-langkah apa yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. 

“Tak ada gunanya ketika kita berbicara target namun terobosan dalam rangka untuk mendukung pencapaian target tersebut juga tidak ada,” jelasnya.

Disisi lain, pasti setiap tahunnya kata Deisy dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program, dan dari evaluasi tersebut dapat diketahui sampai kenapa capaiannya tidak tercapai atau tidak maksimal. 

“Dari hasil evaluasi tersebut OPD diharapkan dapat melihat dan menyusun strategi kedepannya dalam rangka menunjang pencapaian target capaian yang telah ditetapkan,” tegas Deisy S.M Datau.

Bagi Deisy S.M Datau, capaian target tidak akan terealisasi ketika metode ataupun pelaksanaanya terus secara monoton, dan tidak ada perubahan ataupun inovasi yang dilakukan. 

“Sama saja bohong, ada evaluasi namun tidak ada inovasi,” ujarnya.

Informasi lainnya yang diperoleh kata Deisy S.M Datau, untuk potensi PAD Gorontalo Utara sebenarnya dapat lebih dari target yang selama ini ditetapkan, namun hal tersebut belum dapat dilaksanakan. Deisy S.M Datau bertanya kenapa bisa demikian? Apa sebenarnya kendalanya sampai sumber PAD yang lumayan besar tersebut belum dapat terkelola dengan maksimal. 

Olehnya srikandi PDIP tersebut berharap kedepan akan ada perubahan baik itu dari sisi target, pencapaiannya dan inovasi yang dilakukan oleh OPD yang bertanggung jawab akan hal tersebut. 

“Dan pastinya DPRD akan mengawasi dan juga akan melakukan evaluasi juga sesuai dengan tupoksi yang dimiliki dalam rangka membangun daerah ini semakin berkembang kedepannya,” pungkasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 12 times, 1 visits today)

Komentar