Jumat, 30 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Gugatan Masa Jabatan, Kuasa Hukum Hamim Pou Optimis Menang

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Kabar Politik , pada Rabu, 7 Oktober 2020 | 10:05 WITA Tag: ,
  Duke Arie, Ketua Tim Kuasa Hukum Hamim Pou dan Merlan Uloli. (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Duke Arie selaku kuasa hukum Hamim Pou mengaku optimis menang terhadap gugatan dari pemohon Kilat Wartabone dan Imran Ahmad terkait masa jabatan Hamim Pou sebagai Bupati Bone Bolango di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Iya. Kami optimis menang. Kami yakin gugatan itu akan ditolak,” ujar Duke Arie saat dihubungi Hargo.co.id lewat aplikasi WhatsApp, Rabu (7/10/2020).

BACA  Hamim - Merlan Ingin Mengabdi Bukan Berkuasa

Alasan dirinya optimis menang dalam perkara ini, kata Duke Arie, karena sebelumnya MK juga pernah menolak gugatan yang sama dengan nomor perkara Nomor 22/PUU-VII/2009. Dalam putusan itu, MK menyatakan masa jabatan yang dihitung satu periode adalah masa jabatan yang telah dijalani setengah atau lebih dari setengah masa jabatan.

“Nah, pak Hamim menjabat sebagai Bupati defenitif pada periode 2010-2015 hanya dua tahun tiga bulan 21 hari yakni sejak tanggal 27 Mei 2013 sampai dengan 17 September 2015 sebagaimana Berita Acara Pengucapan Sumpah Jabatan Bupati Bone Bolango (Bukti PT-2),” tegas Duke Arie.

BACA  Kampanye di Botupingge, Merlan Uloli Ajak Warga Tolak Politik Uang

Lebih lanjut, Duke menjelaskan, petitum pemohon perkara MK Nomor 67/PUU-XVIII/2020 telah membuat rumusan dan pemaknaan pasal 7 ayat 2 huruf n UU nomor 10 tahun 2016 menjadi berubah total dan hanya mengatur kepentingan Kepala Daerah saja dalam hal ini Gubernur/Bupati/Walikota. Sementara, Wakil Gubernur/Wakil Walikota/Wakil Bupati justru dihilangkan. Padahal, kata Duke, dalam norma tersebut juga mengatur tentang wakil kepala daerah.

BACA  Bawaslu Restui Gugatan Penetapan Petahana, Nelson : Ada yang Aneh

“Sehingga atas pemaknaan baru yang di mohonkan oleh pihak pemohon melalui petitumnya, haruslah ditolak Mahkamah,” tandas Duke.(rwf/hg)


Komentar