Minggu, 27 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Hasil Penelitian, Pemda Boalemo-UNG Galang Kerja Sama

Oleh Sunarto Nusi , dalam Kab. Boalemo , pada Kamis, 31 Oktober 2019 | 14:05 WITA
  


Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Daerah (Pemda) Boalemo melalui Bagian Ekonomi dan Pembangunan mengekspos hasil penelitian dan kajian investasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Hasil ekspose ini diperoleh atas penelitian dan kajian bekerjasama Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Adapun pemaparan ekspose hasil penelitian investasi BUMD berlangsung di Ballroom II Hotel Damhil Kota Gorontalo pada Rabu (30/10/2019). Dihadiri langsung Wabup Boalemo Ir. Anas Jusuf MSi mewakili bupati, Rektor UNG DR. Eduart Wolok, Kabag Ekbang Rosman Mantu, para tim ahli UNG serta sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Boalemo.

BACA  Langgar Protokol Kesehatan, Kapolres Boalemo Janji Beri Sanksi

Dalam sambutannya, Wabup Ir. Anas Jusuf M.Si menyampaikan bahwa salah satu didirikan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bertujuan untuk meningkatkan pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD). Disamping itu pula, mendongkrak pertumbuhan ekonomi di daerah dan membuka peluang pendapatan untuk kesejahteraan masyarakat.

Wabup Boalemo Anas Jusuf mewakili bupati bersama pimpinan OPD mengabadikan foto bersama Rektor UNG, DR. Eduart Wolok dan tim pakar UNG. (Foto Istimewa)

Hal itu kata Anas, diamanatkan dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda). Yang mana, pemerintah daerah memberikan kewenangan, tugas dan tanggung jawab untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan berdasarkan asas otonomi.

BACA  Tenggelam di Sungai, Bocah Perempuan di Boalemo Meninggal Dunia

“Pelaksanaan otonomi dimaksud tentunya diharapkan mendorong kemandirian dan stabilitas daerah serta mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi rakyat,” terang Wabup Anas Jusuf.

Lanjut tokoh politisi PAN baru saja menyandang gelar Magister itu membeberkan posisi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Boalemo di tahun 2018 mencapai 6,7 persen. Beda halnya pada tahun 2017 berkisar 6,66 persen.

“Ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Boalemo dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir mengalami kenaikan. Hal itu pun ditunjang berbagai sektor unggulan mulai dari pertanian, perkebunan dan perikanan,” tambah Wabup Anas Jusuf.

BACA  Sesosok Mayat Pria Ditemukan di Perkebunan di Boalemo

Lanjut katanya, dirinya mengharapkan para tim pakar atau tim ahli UNG dalam hal peneliti dapat memberi saran dan usul terhadap prospek unggulan daerah Kabupaten Boalemo sebagaimana topologi dan kondisi potensi dimiliki daerah untuk lima tahun kedepan.

Sementara di akhir kegiatan, antara Pemkab Boalemo bersama UNG menandai penandatangan kesepakatan dan kesepahaman atau MoU soal kajian investasi BUMD dimaksud. (nrt/hg)


Komentar