Rabu, 23 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Instalasi Air Bersih, Aleg Minta Prioritaskan Layanan Publik

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Legislatif , pada Senin, 10 Agustus 2020 | 02:05 WITA Tag: ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Wisye Pangemanan


Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Wisye Pangemanan meminta pemerintah untuk memprioritaskan pelayanan publik. Artinya, ketika ada yang disampaikan, diharapkan untuk segera direspon balik.

“Jangan lambat merespon keperluan masyarakat di bidang layanan publik, sebab pengaruhnya cukup luas khususnya dalam upaya menggerakan perekonomian di tingkat bawah,” katanya.

Wisye Pangemanan mencontohkan. pelayanan air bersih melalui Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) yang menjangkau wilayah Kecamatan Tolinggula. Di bagian barat kabupaten tersebut, instalasi pengolahan air yang ada, memerlukan penggantian sebab saat musim penghujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, air bersih yang mengalir ke para pelanggan, sangat kabur.

BACA  Minim Anggaran, Hadijah Tayeb Usul Penyuluhan Lewat Virtual

Melihat kondisi tersebut, srikandi Golkar ini, menilai bahwa untuk fasilitas PUDAM tersebut perlu untuk dilakukan peremajaan ataupun perbaikan atau bahkan diganti instalasinya.

“Jika melihat kondisi yang ada ya, pasalnya ketika musim hujan airnya menjadi sangat keruh, hal ini tentu harus diperbaiki lagi agar untuk kualitas airnya tidak terganggu walaupun ditengah cuaca yang tidak menentu,” tegasnya.

BACA  Jalan di Posono Harus Segera Ditanggulangi

Saat ini, diketahui besar pipa mencapai 200 ml, padahal sudah perlu diganti menjadi 400 ml, agar dapat melayani pelanggan yang terus mengalami peningkatan.

“Jika tidak, pelanggan sangat dirugikan karena air yang terdistribusi tidak sesuai standar keperluan konsumsi alias kabur,” kata Wisye Pangemanan.

BACA  Ketua DPRD Gorontalo Utara Duga Perda APBD Cacat Hukum

Jika melihat dari sumber air yang ada, kata Wisye Pangemanan, untuk wilayah Tolinggula dan Biau sangat besar dan untuk itu memerlukan dukungan instalasi yang memadai agar dapat melayani pelanggan dengan jumlah sambungan yang banyak atau terus meningkat.

Pihaknya, sangat mendukung kinerja PUDAM dalam upaya melayani dan menjawab keperluan air bersih bagi para pelanggannya, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini. (abk/adv/hg)


Komentar