Selasa, 11 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Jalan di Ponelo Kepulauan, Gustam Ismail Galau 

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Rabu, 21 April 2021 | 20:05 WITA Tag: ,
  Rapat Komisi II bersama Dinas PUPR terkait dengan kejelasan program pembangunan jalan di Ponelo Kepulauan, Selasa (20/04/2021). (Foto : Alosius M. Budiman/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO –  Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail dibuat gelisa dengan kejelasan pelaksanaan lanjutan penanganan Jalan di Ponelo Kepulauan. 

Pantauan awak media ini sejak Senin (19/04/2021) hingga Selasa (20/04/2021), Gustam Ismail terus mencari kepastian terkait dengan pelaksanaan pengerjaan jalan tersebut. Gustam Ismail mencari tahu di Dinas Pekerjaan Umum Gorontalo Utara.

Kegundahan Gustam Ismail tersebut akhirnya disampaikan juga dalam rapat Komisi II bersama dengan Dinas PUPR. Pada rapat tersebut Gustam Ismail menegaskan agar dalam pelaksanaan program tersebut pihak dinas harus memikirkan tidak hanya persoalan teknis, namun persoalan non teknis juga harus dipikirkan. 

Salah satu hal yang disampaikan oleh Gustam terkait dengan pihak ketiga yang dari sisi modal harus mapan. 

“Pihak ketiga harus bonafit dan tidak mengandalkan uang muka untuk melaksanakan pekerjaan ini, karena finansial banyak menyebabkan persoalan sehingga pelaksanaan program menjadi tertunda,” kata Gustam Ismail. 

Dan hal non teknis lainnya yang disampaikan bahwa pihak ketiga harus paham ilmu perbintangan karena pekerjaan ini di daerah kepulauan, maka tentunya persoalan alam harus menjadi pertimbangan utama. 

“Dalam sebulan ada 7-10 hari air pasang tinggi, dan belajar dari pengalaman ada perahu yang memuat material yang harus menunggu sampai 4 hari untuk dapat merapat ke daratan,” tegasnya.

Hal lainnya yang diminta oleh Gustam yakni pihak Bappeda dapat mendukung pelaksanaan program ini dengan menyambut baik usulan pergeseran yang nantinya disampaikan oleh dinas PU. (abk/adv/hargo)

BACA  Usai Reses, Perubahan Perda Pilkades Diparipurnakan

Komentar