Friday, 24 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Layanan Kebersihan, DLH Segera Penuhi Kekurangan

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Saturday, 21 August 2021 | 02:05 AM Tags: , ,
  Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ilyas Lagarusu

Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gorontalo Utara (Gorut) berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan pelayanan kebersihan. Termasuk juga dengan perbaikan fasilitas yang dibutuhkan seperti Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Tomilito.

Kepada media ini, Kepala DLH Gorontalo Utara, Ilyas Lagarusu, berjanji akan memaksimalkan pelayanan di daerah ini, termasuk juga dengan penilaian Adipura. 

Menurut Ilyas Lagarusu, salah satu yang menjadi perhatiannya terkait dengan keberadaan TPA Tomilito yakni fasilitas. 

“Di TPA tersebut ada beberapa peralatan yang harus dilengkapi seperti jembatan timbang dan juga karet pelindung yang terletak di dinding bak sampah,” ungkapnya.

Untuk jembatan timbang tersebut merupakan urusan wajib yang harus disediakan, karena hal tersebut wajib ada dan menjadi salah satu persyaratan dalam penilaian Adipura. 

“Sehingga kedepan kami merencanakan untuk mengadakan jembatan timbang tersebut untuk dimasukan dalam anggaran 2022,” jelasnya.

Salah satu kegunaannya juga tentu mengetahui jumlah atau berat sampah yang masuk setiap harinya, walaupun memang sudah ada hitungannya. Selain itu juga terhadap karet pelindung yang ada di dalam bak sampah termasuk dinding bak sampah saat ini telah dicuri orang. 

“Padahal karet tersebut merupakan pelindung agar air sampah tidak meresap kedalam tanah yang nantinya dapat mempengaruhi kualitas air tanah yang ada di lokasi TPA tersebut,” tegas Ilyas Lagarusu.

Selain itu juga terhadap jalan yang ada di sekitar TPA juga akan dilakukan perbaikan dan itu kata Ilyas direncanakan dimasukan dalam rencana anggaran 2022 mendatang. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar