Senin, 25 Mei 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait LKPJ Bupati 2019, OPD Dinilai Tak Serius

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara Legislatif , pada Sabtu, 23 Mei 2020 Tag:
  Ketua DPRD Gorut, Djafar Ismail (kanan) menyerahkan rekomendasi hasil pembahasan LKPJ Bupati 2019 kepada Wabup Thariq Modanggu (kiri) pada paripurna Rabu (20/05/2020) lalu. (Foto Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Djafar Ismail menegaskan, ada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak serius dalam melaksanakan program pembangunan daerah. Buktinya, ada program yang progresnya nol persen.

Penegasan Djafar Ismail, tak terlepas dari pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) bupati 2019 yang telah dibahas dan diparipurnakan pada Rabu (20/05/2020) lalu.

“Ada beberapa rekomendasi yang disampaikan kepada pemerintah daerah. Terutama terhadap capaian atau progres program pemerintah daerah,” terangnya.

Menurut Djafar Ismail, berdasarkan hasil pembahasan, ada program kerja yang capaiannya nol persen.

“Ini menandakan bahwa tidak ada keseriusan dari para OPD dalam melaksanakan program pembangunan. Padahal program tersebut telah ditetapkan,” ungkapnya.

Di sisi lain, ada program namun anggarannya tidak ada. Terhadap hal-hal seperti ini, menurut Djafar Ismail, tentu harus dievaluasi dan dipertanyakan keseriusan dari para OPD dalam mendukung pelaksanaan 127 program pembangunan daerah.

Lanjut katanya, ke depan pihaknya akan lebih maksimal lagi dalam melihat usulan program yang disampaikan oleh para OPD.

“Apakah usulan tersebut termasuk dalam 127 janji politik pemerintah saat ini, dan apakah anggarannya tersedia atau tidak,” ujarnya.

Tentunya akan lebih fokus terhadap pemenuhan janji politik yang telah masuk dalam RPJMD. Ini merupakan bentuk dukungan legislatif terhadap eksekutif . (abk/adv/hg)

Mantap
Suka
Senang
Kaget
Sedih
Marah

Komentar