Rabu, 16 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Mekanisme Salat Id di Tengah Pandemi, Perlu Disosialisasikan 

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Selasa, 11 Mei 2021 | 02:05 WITA Tag: , ,
  Anggota DPRD, Matran Lasunte saat berbicara dengan Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin terkait mekanisme Salat Id di tengah mandemi. (Foto : Alosius M. Budiman/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Terhadap pembatasan dan penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Salat Id, tampaknya perlu kerja keras. Olehnya, DPRD Gorontalo Utara mengingatkan kepada pemerintah agar dilakukan sosialisasi secara intens. 

Pernyataan ini disampaikan Anggota DPRD Gorontalo Utara, Matran Lasunte mengingat penerapan aturan butuh kerja keras. Tujuannya, agar masyarakat tahu harus sebelum tiba di lokasi Salat Id. 

“Sosialisasi secara intens harus dilakukan, baik melalui masjid-masjid, maupun melalui surat edaran. Ini sangat penting. Jangan sampai warga sudah tiba di lokasi Salat Id, baru tahu jika ada aturan yang harus diikuti terkait dengan protokol kesehatan,” jelas Matran Lasunte.  

Usulan ini bahkan disampaikan langsung oleh Matran Lasunte kepada Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin usai mengikuti rapat paripurna akhir pekan lalu. Menurut Matran Lasunte, sebagaimana yang telah disampaikan oleh bupati tersebut, tentu harus ada mekanisme terkait dengan pembagian orang salat. 

“Bagaimana caranya membatasi dan membagi sebagian dapat salat di tempat ibadah, sementara yang lain di tempat masing-masing,” ungkapnya.

Tentu ini, kata Matran Lasunte, membutuhkan mekanisme yang harus segera diatur. Hanya saja terhadap mekanisme dan peraturannya harus dilakukan jangan sampai terjadi kesalahpahaman di tingkatan masyarakat.

Ketika mekanisme dan lainnya telah ditetapkan, maka harus ada upaya sosialisasi yang maksimal dilakukan baik melalui pengarah suara di masjid untuk menyampaikan perihal tersebut baik sebelum dan setelah Salat Lima Waktu. 

“Penyampaian ini dilakukan oleh aparatur pemerintah atau dapat juga melalui edaran yang dapat disampaikan oleh pengurus masjid kepada masyarakat,” kunci Matran Lasunte. (abk/adv/hargo)

BACA  Setiap Anggota DPRD Bertanggung Jawab Atas Putusan Lembaga

Komentar