Thursday, 29 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Nota Pengantar APBD 2020, Fraksi PAN Tekankan Lima Point

Oleh Deice Pomalingo , dalam Advertorial Legislatif , pada Sunday, 27 June 2021 | 01:05 AM Tags: ,
  Selvi Mandagi, Anggota DPRD Kabupaten Gorontalo. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dalam penyampaian nota pengantar Bupati Gorontalo terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Gorontalo Tahun 2020 , Fraksi Partai Amanat Nasionan (PAN menekankan pada lima poin.

Hal ini seperti yang diiungkapkan Ketua Fraksi PAN Selvi Mandagi, Sabtu (26/06/2021).

Selvi menyampaikan, melihat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2020, Fraksi PAN menekankan lima point, yakni yang pertama adalah lebih meningkatkan orientasi belanja untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat, pemenuhan hak dasar masyarakat dibidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan harus didahulukan dengan semangat afirmasi yang kuat untuk memprioritaskan kegiatan yang langsung dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Gorontalo.

Ketiga pemerintah Kabupaten Gorontalo tidak mengandalkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak, tetapi juga harus meningkatkan pendapatan dari keuntungan atau kontribusi BUMD maupun badan-badan usaha lainnya serta pengelolaan Aset milik Pemerintah Daerah, keempat pemerintah Kabupaten Gorontalo dapat meningkatkan kesejahteraan Petani. Sektor pertanian adalah sektor yang saat ini bisa menjadi sektor unggulan.

Kemajuan sektor pertanian yang maju akan meningkatkan kesejahteraan warga Kabupaten Gorontalo dan terakhir adalah Meningkatkan sektor pariwisata melalui optimalisasi promosi pariwisata serta kualitas informasi yang disajikan kepada wisatawan lokal maupun mancanegara, peningkatan kerjasama lembaga pariwisata antar wilayah dan stekholder kepariwisataan.

“Sehingga fraksi kami berpandangan, laporan pemerintah sangat penting mendapatkan perhatian pengawasan yang sesuai, biar tugas pemerintahan menjadi lebih terkontrol dan terkendali, tugas pengawasan dilakukan dengan cermat dan memperhatikan keberhasilan yang telah dicapai untuk tetap dipertahankan, sementara kekurangan dapat diperbaiki guna mencapai hasil yang optimal dikemudian hari,” kata Selvi.

Pada kesempatan itu, Selvi juga mengucapkan selamat dan sukses atas kerja Bupati Gorontalo beserta jajaran yang telah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Gorontalo Tahun Anggaran 2020.

“Semoga prestasi ini berdampak positif dan dapat terus ditingkatkan sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat. Fraksi PAN berdoa dan berharap Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam penyelenggaraan pemerintahan lebih memiliki inisiasi, inovasi, dan kreasi serta prestasi. Transparan dalam bekerja, akuntabel, berkeadaban, dan berkeadilan,” tandas Selvi. (wie/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar