Kamis, 26 November 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Pandemi Covid-19, Bawaslu RI Minta Tahapan Pilkada Diawasi

Oleh Deice Pomalingo , dalam Gorontalo Headline , pada Selasa, 17 November 2020 | 09:05 WITA Tag: , , ,
  Ketua Bawaslu RI, Abhan


Hargo.co.id, GORONTALO – Bawaslu RI meminta kepada Bawaslu di daerah yang tengah menggelar Pilkada 2020 ini, untuk diawasi. Ini terkait dengan penerapan protocol kesehatan di era pandemic Covid-19.

Penegasan ini disampaikan Ketua Bawaslu RI, Abhan, saat mengunjungi Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Ahad (15/11). Ia menekankan, Pilkada saat ini, Bawaslu tidak saja mengawasi tahapan Pilkada, termasuk praktek money politic, tetapi juga  pengawasan terhadap penyebaran Covid-19.

BACA  Terkait Rapid Test, Ini Rekomendasi WHO

“Jangan sampai ada klaster baru yakni klaster Pilkada,”ungkap Abhan.

Dia menjelaskan, Pilkada saat pandemi Covid-19 seperti ini, banyak hal baru yang harus dilakukan. Misalnya pelaksanaan tahapan termasuk kampanye, wajib menaati protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta memakai masker.

BACA  Jadi Atensi Satgas Covid-19, Pilkada Terus Dipantau

“Bawaslu sekarang mendapatkan dua tugas penting, yakni pertama tugas elektoral, memastikan agar Pilkada berjalan tanpa ada pelanggaran, seperti money politic, penggelembungan suara  dan lain-lain dan kedua, non elektoral atau tugas kemanusiaan untuk memastikan Pilkada berjalan diatas protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Abhan.

Dirinya juga mengajak seluruh jajaran pengawas Pemilu untuk ikut mematuhi protokol kesehatan.

BACA  Amankan Perda Protokol Kesehatan, Pemkot Gorontalo Kumpul Pengusaha

“Memang agak sedikit berat, namun kita harus mampu terlebih dahulu memastikan jajaran kita memiliki kesadaran untuk mematuhi protokol kesehatan. Ini juga bisa menjadi contoh yang baik untuk masyarakat peserta pemilih khususnya pasangan calon,” kuncinya. (wie/hg)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun


Komentar