Sabtu, 31 Oktober 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Pemanfaatan Pekarangan, OPD Wajib Miliki Desa Binaan

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Advertorial Gorontalo , pada Senin, 8 Juni 2020 | 20:05 WITA Tag:
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (Topi Hitam) mendampingi sangat istri Idah Syahidah ketika memanen hasil kebun diKawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Mekar yang berada di Desa Bulontala Timur, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Senin (8/6/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Program Gubernur Gorontalo Rusli Habibie terkait pemanfaatan pekarangan warga terus diseriusi. Jika sebelumnya masyarakat penerima bantuan Pemprov Gorontalo wajib miliki kebun di pekarangan rumah, kali ini tiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Provinsi Gorontalo wajib miliki desa binaan terkait program tersebut.

Hal ini terkuak saat Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Mekar yang berada di Desa Bulontala Timur, Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Senin (8/6/2020).

“Saat ini sudah ada surat keputusan gubernur terkait pengoptimalan lahan pekarangan rumah yang dibina oleh tiap OPD di lokasi-lokasi tertentu. Setiap OPD punya desa binaan. Tujuannya yaitu untuk memotivasi masyarakat supaya mau mengembangkan di wilayah mereka masing-masing,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Muljady Mario.

BACA  Prodi Kedokteran Hewan Segera Hadir di Universitas Nahdlatul Ulama

Melalui keputusan ini, harapannya pekarangan warga bisa tertata dengan baik.

“Harapan pak gubernur, dengan adanya OPD disitu otomatis bisa tertata dengan baik pengembangannya, bisa juga ke depan jadi lebih besar. Mungkin dengan melihat itu maka masyarakat lain juga bisa ikut mencontoh sehingga dia mereplikasi di wilayahnya masing-masing,” ucap Muljady.

Ia menambahkan, program bercocok tanam dipekarangan di tengah pandemi ini bisa mengurangi aktivitas warga ke tempat-tempat keramaian dan bisa meningkatkan produktivitas warga.

BACA  Giliran KPM Bulango Ulu Terima Bantuan Pemprov Gorontalo

Sementara itu, saat mengunjungi kebun warga di pekarangan rumah itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie terlihat gembira melihat tanaman yang tumbuh di pekarangan warga itu sebagian besar adalah bahan pokok. Dirinya pun mengapresiasi usaha masyarakat yang tetap produktif meski berada di rumah untuk mematuhi anjuran pemerintah ‘stay at home’ atau tetap berada di rumah untuk memutus tali penyebaran covid-19.

”Saya apresiasi usaha masyarakat untuk menyediakan bahan pangan mereka di masa pandemi ini, minimal tidak ke pasar beli sayuran. Ini juga mampu untuk menekan inflasi karena kebutuhan barito yang tinggi. Saya anjurkan setiap rumah ada bedengan,” kata Rusli

BACA  Gorontalo Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Pencanangan Kampung Siaga Bencana

Rusli menginginkan agar hal ini tetap berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan pangan, minimal untuk lingkungan keluarga sendiri.

Dalam peninjauan, Rusli Habibie yang didampingi istri sekaligus anggota Komisi VIII DPR RI, Idah Syahidah, melakukan panen di lahan KRPL Mekar. Sayuran yang beragam nampak tumbuh subur di lahan tersebut diantaranya, bayam, kangkung, sawi, terong, cabe dan tomat. Rusli juga menyerahkan bantuan benih sayuran kepada anggota KRPL.(adv/rwf/hg)


Komentar