ramadan2024

ramadan2024

Terkait Pembangunan, OPD Diminta Terapkan Disiplin Anggaran

×

Terkait Pembangunan, OPD Diminta Terapkan Disiplin Anggaran

Sebarkan artikel ini
Alm. Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail
Ketua DPRD Gorontalo Utara, Djafar Ismail

Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Djafar Ismail mengingatkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menerapkan disiplin anggaran. Ini terkait dengan program pelaksanaan pembangunan di Gorontalo Utara.

hari kesaktian pancasila

Di hadapan sejumlah media, Djafar Ismail menegaskan bahwa sebelum tahun anggaran berikutnya berjalan, terhadap anggaran dan juga item program itu telah dilakukan pembahasan. Selanjutnya ditetapkan menjadi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Selanjutnya, dilaksanakan oleh pemerintah daerah melalui OPD.

“Salah satu ukuran keberhasilan suatu pemerintah yakni melalui pelaksanaan APBD. Apakah terealisasi atau tidak. Untuk itu, OPD dalam pelaksanaan pembangunan daerah, diharapkan dapat sesuai dengan yang telah ditentukan dalam APBD,” tegasnya.

Example 300250

Disisi lain, dalam proses atau perjalanan tahun anggaran, ada yang namanya pergeseran anggaran dan ada juga yang dinamakan perubahan anggaran. 

“Tentu waktu antara pergeseran dan perubahan anggaran tersebut berbeda, dan ini sangat berguna untuk penyesuaian program di lapangan. Apakah ada yang berubah atau tidak? Atau juga perubahan dapat terjadi dikarenakan berbagai hal yang salah satunya saat ini dikarenakan oleh refocusing,” ungkapnya.

Namun ada juga perubahan dikarenakan oleh faktor lapangan seperti yang terjadi terhadap pelaksanaan tindak lanjut pekerjaan jalan yang ada di Kecamatan Ponelo Kepulauan yang terpaksa harus ada perubahan. 

Ramadhan 2024

“Dan terhadap perubahan nomenklatur tersebut dilakukan melalui pergeseran anggaran yang pembahasannya melalui Badan Anggaran (Banggar) DPRD Gorontalo Utara,” terangnya.

Konsisten seperti itu, kata Djafar Ismail, yang harus dijaga, apa yang telah ditetapkan harus dilaksanakan. Jika memang harus ada yang berubah karena berbagai alasan, tentu akan dilakukan perubahan melalui mekanisme yang telah ditentukan. 

“Jangan sampai, tidak konsisten dan ternyata programnya dihilangkan, apalagi tanpa melalui pembahasan di Banggar,” kuncinya. (abk/adv/hargo)



hari kesaktian pancasila