Kamis, 19 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Penggunaan Dana Desa 2019, Komisi III Sisir Wilayah Barat

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Utara Legislatif , pada Jumat, 17 Januari 2020 | 03:05 Tag: ,
  

Hargo.co.id, GORONTALO – Komisi III DPRD Gorontalo Utara (Gorut) secara marathon turun lapangan mulai dari Kecamatan Sumalata Timur, Kecamatan Sumalata, Kecamatan Biau dan Kecamatan Tolinggula sejak Rabu (15/01//2020) hingga hari ini Jumat (17/01/2020).Langkah ini dilakukan terkait dengan monitoring dan evaluasi (Monev) pemanfaatan Dana Desa.

Dihubungi media ini, Ketua Komisi III DPRD Gorut, Aryati Polapa, mengungkapkan jika ini merupakan agenda kerja komisi yang dipimpinnya. Agenda ini telah disusun awal Januari 2020 melalui rapat kerja komisi dan telah disepakati.

“Hal ini penting dan bermanfaat dalam rangka menjaga akuntabilitas pemanfaatan anggaran melalui sistem pelaporan yang sistematis dan berjenjang pada pemerintah desa terutama terhadap kinerja kepala desa,” katanya.

Pada evaluasi dan monitoring ini, akan diketahui sejauh mana kinerja yang dilaksanakan oleh kepala desa terhadap pemanfaatan dana desa. Selain itu, juga pelaksanaan pembangunan desa melalui program fisik di lapangan.

“Sumalata Timur mendapat giliran pertama yang dilaksanakan Monev dan patut disyukuri agenda tersebut berjalan lancar. Hanya saja ada beberapa desa yang ditemui, itu belum selesai melaksanakan pembahasan rencana kerja untuk tahun 2020 ini,” ujarnya.

Lanjut kata Aryati Polapa, pihaknya berharap untuk desa-desa yang belum selesai membahas rencana kerja 2020 ini untuk segera menyelesaikannya. Hal ini, kata Aryati Polapa, tentu sangat penting dalam meningkatkan kontribusi pembangunan desa dan juga kesejahteraan masyarakat dan juga diharapkan memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi.

“Nantinya hasil dari pelaksanaan Monev ini akan disampaikan ke pihak eksekutif. Namun sebelumnya akan kami rangkum dulu dan dibahas internal Komisi III,” pungkasnya. (abk/adv/hg)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar