Rabu, 16 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Penyegelan Puskesmas Sumalata, Kadis: Itu Masalah Kontraktor

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Kamis, 3 Juni 2021 | 05:05 WITA Tag: , ,
  Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara, Rizal Yusuf Kune


Hargo.co.id, GORONTALO – Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara (Gorut), Rizal Y. Kune menegaskan bahwa Puskesmas Sumalata, itu masalah kontraktor. Artinya, pihak pemerintah dalam hal ini tak memiliki masalah dengan pihak manapun.

“Puskesmas telah selesai dibangun, kita tidak punya masalah dengan pihak manapun,” tegas Rizal Y. Kune.

Lanjut katanya, terkait penyegelan itu, bukan urusan pemerintah. Itu persoalan antara pihak rekanan atau kontraktor dengan masyarakat yang memiliki toko bangunan. 

“Permasalah tersebut antara kontraktor dengan masyarakat pemilik toko bangunan tempat kontraktor mengambil barang. Pasalnya, beredar kabar jika belum dibayar atau dilunasi pembayarannya,” kata Rizal Y. Kune.

Dirinya lantas menegaskan bahwa dapat saja menempuh jalur hukum terkait dengan persoalan ini, karena ini termasuk menghalangi pemanfaatan aset daerah. Pasalnya, persoalan pelayanan kesehatan merupakan kebutuhan mendesak yang harus segera terpenuhi.

“Pembangunan Puskesmas Sumalata tersebut merupakan aspirasi masyarakat yang telah difasilitasi oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Rizal Y. Kune telah menyampaikan masalah ini ke Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin. Atas arahan bupati, Rizal Y. Kune diminta untuk menyelesaikan secara baik-baik. 

“Informasi terakhir, pihak kontraktor telah membayar sebagian dari barang yang diambil dan menjamin 1 unit excavator,” paparnya.

Untuk selanjutnya, kata Rizal Y. Kune, pihaknya sementara melakukan pembenahan atau bersih-bersih terhadap Puskesmas Sumalata tersebut karena akan segera ditempati. Untuk diketahui, Puskesmas Sumalata menelan anggaran kurang lebih Rp 9 Miliar yang paketnya lengkap baik itu gedung, alat dan lainnya. (abk/adv/hargo)

BACA  Normalisasi Sungai di Gorontalo Utara Terkendala Regulasi

Komentar