Terkait Pimdeprov, Golkar dan Nasdem Tunggu Putusan DPP

Ketua DPD I Golkar Rusli Habibie menyerahkan hasil pleno DPD Golkar terkait usulan calom pimpinan DPRD, di Jakarta, Senin (19/08/2019). (Foto Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua DPD I Partai Golkar Gorontalo Rusli Habibie, tidak menetapkan satu nama sebagai calon ketua  DPRD Provinsi (Deprov) Gorontalo ke DPP Golkar, padahal ia diberi kepercayaan dalam pleno DPD I untuk menunjuk anggota Deprov terpilih. Rusli yang juga Gubernur Gorontalo itu mengusulkan enam nama sekaligus, padahal DPP hanya mesyaratkan minimal tiga nama.

Usulan nama-nama calon ketua Deprov itu sudah disampaikan Rusli Habibie ke DPP Golkar, Senin (19/8) kemarin. Selain nama calon ketua Deprov, Rusli juga menyerahkan hasil pleno DPD Golkar tentang nama-nama calon pimpinan DPRD Kabupaten/kota ke DPP. Berkas usulan calon pimpinan DPRD dari Gorontalo itu diterima langsung Ketua Korbid Kepartaian DPP Golkar Ibnu Munzir.

“Hasil pleno sudah disampaikan pak Gubernur di Jakarta,”kata Wakil Ketua DPD Golkar Gorontalo, Ghalib Lahidjun.

Ia mengatkan, khusus Deprov ada enam nama yang diusulkan, yakni Paris Jusuf, Suharsi Igirisa, Meyske Camaru, Fikram Salilama, Thomas Mopili, dan Oktohari Dalanggo. Kelima figur itu sama-sama memiliki kapasitas untuk menjadi ketua DPRD.

Baca Juga: Nama Meyke Camaru Berada di Antara Raksasa Politik

“Mereka orang-orang berpengalaman semua. Makanya pak Rusli mengusulkan semuanya. Padahal dalam pleno DPD I, mengamanatkan ke beliau untuk menetapkan siapa yang akan ditunjuk sebagai ketua DPRD,”tandas Ghalib. Setelah masuk ke DPP, lanjut Ghalib, saat ini Golkar tinggal menunggu, siapa yang akan ditetapkan DPP.

“Kami menunggu penetapan DPP,”ujarnya.

Sementara itu, untuk Partai NasDem, belakangan muncul isu jika partai besutan Surya Paloh ini menunjuk Sofyan Puhi sebagai salah satu pimpinan DPRD yang merupakan jatah NasDem. Namun kabar itu, buru-buru dibantah Ketua DPW Nasdem Provinsi Gorontalo Hamim Pou. Menurutnya, saat ini nama-nama yang menjadi calon pimpinan Deprov masih diusulkan ke DPP Nasdem.

“Tuggu saja hasil keputusan dari DPP Nasdem. Hari ini (kemarin,red) saya ke DPP, Insya Allah tanggal 21 (besok,red) pulang Gorontalo sudah membawa hasil siapa nama yang akan menjadi pimpinan dewan nanti,”kunci Hamim Pou sembari menambahkan, tiga nama calon pimpinan Deprov yang diusulkan ke DPP Nasdem yakni Sofyan Puhi, Loly Junus dan Yuriko Kamaru. (gp/hg)

-