Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait PPPK, SDM Lokal Tak Manfaatkan Peluang Besar

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Rabu, 13 Oktober 2021 | 16:05 PM Tag:
  Ilustrasi. Seleksi PPPK. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Gorontalo Utara (Gorut), Irwan A. Usman mengaku bingung dengan kondisi yang terjadi saat ini. Pasalnya, peluang bagi sumber daya lokal tidak dimanfaatkan dengan maksimal, justru tak digunakan. 

Menurut Irwan A. Usman, terkait dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru. Tahun ini formasi yang dibuka sebanyak 802 orang, yang mendaftar untuk ikut seleksi hanya 764 orang. Dari jumlah yang mendaftar tersebut kata Irwan A. Usman, tidak semuanya ikut ujian atau seleksi pada tahapan pertama yang dilaksanakan kemarin. 

“Yang ikut pelaksanaan ujian pada tahapan pertama ini hanya sejumlah 552 orang,” tegas Irwan A. Usman.

Jika dihitung, kata Irwan A. Usman, dari jumlah yang mendaftar dikurangi dengan yang ikut ujian, berarti ada sebanyak 212 orang yang tidak ikut ujian seleksi tahapan pertama. 

“Untuk alasan yang tidak ikut ada bermacam-macam. Mulai dari sedang berada di luar daerah, ada yang telah bekerja pada instansi lain, dan ada juga yang tanpa keterangan,” ujarnya.

Namun ada juga, kata Irwan A. Usman, yang hanya datang pada pelaksanaan ujian, masuk kedalam ruang ujian dan setelah keluar lagi. 

“Ini tentu sangat membingungkan, karena peluang yang begitu besar tidak dimanfaatkan oleh sumber daya lokal yang ada,” jelasnya.

Menjadi pegawai PPPK semua haknya sama dengan Aparatur Sipil Negara (ASN), hanya yang membedakan tidak ada pensiunnya. 

“Harusnya peluang ini dimanfaatkan oleh sumber daya lokal, makanya saya bingung,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 13 times, 1 visits today)

Komentar