Selasa, 2 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Revisi UU ITE, PSI: Jangan Sampai Niat Baik Timbulkan Pasal Multitafsir Baru

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Kabar Nusantara , pada Minggu, 21 Februari 2021 | 08:05 WITA Tag: , , ,
  Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany. (Instagram/ tsamaradki)


Hargo.co.id, JAKARTA – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung gagasan merevisi UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) untuk merawat demokrasi.

“Revisi dibutuhkan agar UU ITE tidak mengancam iklim kebebasan berpendapat dan berekspresi. Kebebasan berpendapat dan berekspresi yang kita punya sekarang harus dipertahankan karena merupakan buah terbaik dari Reformasi 98,“ kata Ketua DPP PSI. Tsamara Amany, sebagaimana dilansir JawaPos.com, Sabtu (20/2).

BACA  Dua Hari ke Depan, Banjir Berpotensi Terjadi di 22 Provinsi, Gorontalo Aman

Tsamara menambahkan, revisi UU ITE diperlukan untuk lebih memberikan kepastian dan jaminan hukum bagi rakyat yang ingin menyampaikan pendapat dan kritik, terutama di dunia maya. Karena itu, PSI mengingatkan pemerintah dan DPR agar bekerja keras membuat produk legislatif yang lebih bagus daripada UU ITE sekarang, yang merupakan inisiatif DPR periode 2004-2009.

BACA  Orient P Riwukore, Bupati Sabu Raijua yang Berstatus Warga Negara Amerika

“Jangan sampai niat memperbaiki UU ini malah menghadirkan sejumlah pasal multitafsir baru. Juga jangan sampai hasil revisi tersebut membuat ujaran kebencian, fitnah, saling menghina di medsos semakin marak,” katanya.

Sambil menunggu revisi selesai, PSI mendorong Kapolri mengeluarkan surat edaran internal atau peraturan Kapolri yang berisi petunjuk teknis penggunaan pasal-pasal di UU ITE.

BACA  Enam Kepala Kejaksaan Tinggi Dimutasi, Firdaus Dewilmar ke Kejagung

“Surat edaran internal kapolri itu harus segera dikeluarkan sambil menunggu proses revisi di parlemen yang pasti tidak sebentar. Harus dihindari adanya korban-korban baru selama kita menunggu,” ungkapnya.(ba/gw/jawapos/hargo)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “PSI: Revisi UU ITE untuk Merawat Demokrasi“. Pada edisi Sabtu, 20 Februari 2021.

Komentar