Selasa, 16 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait RKPD 2023, Ini Penegasan Penjabup Boalemo

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Minggu, 3 Juli 2022 | 18:05 Tag: ,
  Foto bersama Pemda Boalemo dengan DPRD Boalemo, dalam acara Workshop terkait RKPD 2023 yang digelar Bappeda Boalemo, di Kota Gorontalo. (Foto : Istimewa).

Hargo.co.id, GORONTALO – Penjabat Bupati (Penjabup) Boalemo, Hendriwan, menegaskan, penggunaan anggaran dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023, agar berfokus pada urusan wajib.

“Saya berharap, semua urusan wajib menjadi prioritas dalam pembahasan anggaran nanti,”kata Hendriwan, dalam sambutannya pada Workshop tahapan perencanaan dan penginputan RKPD tahun 2023 dalam sistem informasi pemerintah daerah (SIPD), yang dilaksanakan oleh Bapppeda Boalemo di Hotel Maqna, Kota Gorontalo, Sabtu (02/07/2022).

Ia meminta, pada pembahasan nanti, Pemda dalam hal ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), mendahulukan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ini tak lain, guna mewujudkan porsi anggaran yang seimbang, sesuai dengan besaran dana transfer pusat untuk Boalemo.

“Usahankan dalam pembahasan APBD, bahas dulu pendapatan. Kalau pendapatan mengikuti belanja, akhirnya perkiraan yang tidak berpotensi pendapatan pada akhirnya belanja lebih besar dari pendapatan, atau pendapatan lebih kecil dari belanja,”tutur Hendriwan.

Lebih lanjut kata Hendriwan, ada tiga hal yang harus diperhatikan untuk mendukung ketercapaian 11 sasaran dan 7 isu strategis Daerah Boalemo, yang mana, ini perlu diselaraskan dengan tujuh isu strategi Nasional. Yakni, salah satunya, indeks pembangunan manusia.

“Berdasarkan Peraturan Mendagri nomor 70 tahun 2019 tentang sistem Informasi pembangunan Daerah, bahwa data dan informasi perencanaan Daerah itu dikelola secara elektronik. Atas nama Pemerintah Daerah, saya berharap kepada seluruh OPD, agar menginput data ini benar-benar sesuai dengan tujuan, sasaran isu strategis yang akan kita capai ditabung 2023,” ujarnya.

Turut hadir dalam Workshop tersebut, Ketua DPRD Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho, Sekda Boalemo, Sherman Moridu, Kepala Bappeda Boalemo, Srijun Tasman Dangkua, serta para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemda Boalemo.  (***)

 

Penulis : Abdul Majid Rahman

(Visited 45 times, 1 visits today)

Komentar