Selasa, 9 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Stunting, Ini Harapan Penjabup Boalemo

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Kamis, 30 Juni 2022 | 21:05 Tag: , ,
  Penjabup Boalemo, Hendriwan, saat memberikan sambutan pada acara Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Boalemo di Desa Modelomo, Tilamuta (30/06/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Penjabat Bupati (Penjabub) Boalemo, Hendriwan, menghadiri kegiatan rembuk stunting Tingkat Kabupaten Boalemo, yang digelar di Gedung Putra Tunggal, Desa Modelomo, Tilamuta, Kamis, (30/06/2022).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Boalemo, Karyawan Eka Putra Noho, Sekda Boalemo, Sherman Moridu, para Assisten, Pimpinan OPD, para Camat, dan Kepala-kepala Desa di Boalemo.

HIiendriwan mengatakan, rembuk stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah Boalemo, guna memastikan terintegrasinya pelaksanaan intervensi penurunan stunting secara bersama-sama, antara OPD, Kecamatan, Puskesmas dan Desa.

Sesuai data survei kata Hendriwan, bahwa Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar ) tahun 2018, prevalensi stunting di Boalemo masih pada angka 44,8 persen, dan data SSGBI (Survei Status Gizi Balita Indonesia) tahun 2021 Prevalensi stunting masih 29,9 persen.

“Tentu ini menjadi PR besar bagi kita semua di Daerah, karena secara nasional prevalensi stunting masih di atas dari target nasional 24 persen. Sedangkan data Dinas Kesehatan, prevalensi stunting 2 tahun terakhir ini pencapaiannya ditahun 2020 14,6 persen dan tahun 2021 15,4 porsen,” kata Hendriwan.

Menurutnya, untuk penanganan stunting tahun 2023 nanti, harus dapat dipastikan program dan kegiatan yang telah disusun sesuai dengan rencana kerja yang akan dilaksanakan. Baik yang bersumber dari APBD, maupun APBN.

“Semoga pertemuan rembuk stunting ini bisa menghasilkan program kerja, yang akan menjadi panduan Pemerintah Daerah pada RKPD tahun 2023, dan rencana kerja pada masing-masing OPD, termasuk Desa sasaran di Boalemo yang menjadi target kita bersama,” pungkasnya.(*)

Penulis: Abdul Majid Rahman

(Visited 12 times, 1 visits today)

Komentar