Friday, 17 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Tenaga Kontrak, Ini Penjelasan Irwan DaiÂ

Oleh Deice Pomalingo , dalam Legislatif , pada Sunday, 23 May 2021 | 16:05 PM Tags: ,
  Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Irwan dai

Hargo.co.id, GORONTALO – Meskipun sempat berpolemik terkait masalah tenaga kontrak, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo,  Irwan Dai menyebut evaluasi tenaga kontrak yang sebelumnya dilakukan pemerintah daerah telah sesuai. 

“Sekedar meluruskan rekomendasi DPRD kemarin soal tenaga kontrak, ada dua poin yang saya tangkap, meminta Bupati untuk membatalkan SK tenaga kontrak tahap tiga, lalu mengangkat kembali orang yang tidak terakomodir,” ujar Irwan Dai akhir pekan lalu. 

Irwan Dai menegaskan bahwa harus mampu bedakan mana kewenangan DPRD  dan mana yang bukan kewenangan DPRD. DPRD itu hanya masuk dalam proses pengawasan, bukan pengambil kebijakan, sehingga persoalan tenaga kontrak itu hak prerogatif Bupati Gorontalo.

Lebih dari itu, Aleg tiga periode ini berpendapat, Bupati Gorontalo punya hak mengangkat dan memberhentikan sesuai hasil evaluasi yang dilakukan pemerintah. Sebab, surat keputusan atau SK tenaga kontrak pun hanya berlaku selama satu tahun. 

“Sebaliknya, bila semua dipaksakan harus lulus maka buat apa evaluasi dilakukan? Mendingan di SK-kan seumur hidup saja, nggak usah ada evaluasi karena percuma,” tukas Irwan Dai.

Menurut dia hal yang sepantasnya dilakukan saat ini adalah menyerahkan semua terkait tenaga kontrak kepada pemerintah daerah. 

“Kita serahkan saja kepada pemerintah untuk membijaksanai hal ini. Jika kemudian ada yang keliru dalam seleksi tenaga kontrak disitulah fungsi dan tupoksi pengawasan DPRD,” kuncinya. (wie/adv/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar