Kamis, 13 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Validasi Data Penerima Bantuan, DKP Lakukan Verifikasi 

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Senin, 12 April 2021 | 22:05 WITA Tag: ,
  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gorontalo Utara, Isjrak


Hargo.co.id, GORONTALO – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gorontalo Utara (Gorut) saat ini tengah melakukan verifikasi di lapangan. Ini menyangkut rencana akan dikucurkannya bantuan untuk nelayan.

Ini dijelaskan Kepala DKP Gorontalo Utara, Isjrak mengingat data calon penerima bantuan sangat penting. Menurutnya, penetapan calon penerima bantuan nelayan harus valid sehingga DKP tak ingin main-main dan bersikap tegas. 

“Makanya, melalui verifikasi dan validasi lapangan tersebut dilakukan pengecekan secara maksimal. Proses identifikasi itu telah dilakukan pada tahun kemarin, dan pada 2021 saat ini dilakukan lagi penguatan melalui verifikasi lapangan,” ungkapnya.

Lanjut katanya, identifikasi atau penguatan terhadap para calon penerima apakah memang mereka masih ada atau tidak. Jangan sampai mereka sudah tidak ada lagi di Gorontalo Utara atau malah telah beralih profesi yakni  sudah bukan nelayan lagi.

“Kami tak pandang bulu. Siapa pun orangnya, jika memang layak diberikan bantuan, maka itu harus dibuktikan di lapangan. Verifikasi lapangan tersebut hanya ada 2 hasilnya yakni yang boleh mendapatkan bantuan dan yang tidak boleh mendapatkan bantuan,” tegasnya.

Dalam menjalankan program bantuan tersebut, menurut Isjrak, pihaknya tidak mau dalam posisi abu-abu. Seperti halnya terhadap persyaratan bagi penerima bantuan, yang jika memang tidak boleh, maka tidak dilakukan. 

“Jangan hanya karena melihat faktor lain kemudian yang bersangkutan diberikan bantuan, ini tidak boleh terjadi,” tegasnya.

Yang pertama dilihat dalam verifikasi lapangan nanti terkait dengan profil calon dan ini terkait dengan profesi yang memang data para nelayan tersebut telah ada dalam aplikasi kusukan. 

“Jika calon penerima ternyata tidak ada dalam data Kusukan, maka tidak akan diberikan bantuannya,” ujarnya.

Sasaran bantuan yang akan disalurkan tersebut untuk para nelayan tradisional yang masuk dalam kategori rakyat miskin. Untuk itu, proses verifikasi nantinya, kata Isjrak, diharapkan dapat segera selesai karena untuk calon penerima akan dibuatkan SK.

“Karena SK tersebut akan menjadi dasar dalam penyaluran bantuan nantinya,” kunci Isjrak. (abk/adv/hargo)

BACA  Hingga 31 Mei, DPPKB Lakukan Pendataan Keluarga 

Komentar