Minggu, 20 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terlalu Lama Rebahan Dapat Sebabkan Penyakit Ini

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Rabu, 24 Agustus 2016 | 17:42 WITA Tag: , , ,
  


Hargo.co.id INGGRIS- Tanpa disadari, saat mengunjungi rumah sakit, Anda menemukan banyak orang yang tak bisa meninggalkan tempat tidurnya karena ketidakmampuan fisik. Jika melihat hal tersebut, tentu tak pernah meninggalkan tempat tidur sangat mempengaruhi kesehatan.

NASA telah melakukan penelitian yang mewajibkan para partisipannya untuk hanya beraktivitas dari tempat tidur dalam beberapa bulan. Hal ini ditujukan untuk mencari efek uruk dari terlalu banyak berkutat di tempat tidur meski beraktivitas, seperti dpnasir dari Mental Floss.

Dalam penelitian terubgkap hal pertama dan yang paling penting adalah badan akan terasa pegal. Badan pegal ini seringkali kita alami ketika salah posisi tidur. Jika kita tak beranjak di hanya satu posisi, jaringan tubuh kita akan jadi ‘matras’ yang menopang berat tubuh kita, dan aliran darah ke beberapa sendi jadi tak lancar. Biasanya tulang belakang dan bahu kita jadi pegal karena terlalu banyak berbaring.

BACA  Ketahui Stadium dan Cara Mencegah Kanker Hati

Selain itu, jika sebuah otot tidak digunakan, kekuatannya akan menurun sebanyak 10 persen hingga 15 persen setiap minggunya. Hal ini bisa membuat tubuh Anda jadi makin lemah jika tempat tidur mencegah aktivitas Anda sehari-hari.

BACA  Makin Percaya Diri Tampil dengan OOTD ala Korea

Lebih buruk lagi, ketahanan tubuh akan menurun jika waktu yang Anda habiskan di tempat tidur makin lama. Hal ini dikarenakan masa tulang dan otot yang menurun, detak jantung melemah, serta volume darah yang menurun. Hal ini masuk akal mengingat bangun dari tidur akan terasa sulit jika intensitas tidur kita terlalu banyak.

BACA  Ini 7 Efek Buruk Bagi Kesehatan Kulit Akibat Kurang Tidur

Hal ini jadi perhatian besar NASA, karena astronot yang menghabiskan waktu di International Space Station beraktivitas tanpa tarikan gravitasi. Hal ini membuat ototnya tidak seberapa ‘bekerja’ layaknya orang yang sedang tidur atau merebahkan diri di tempat tidur setiap saat. Hal ini membuat para astronot harus lebih ketat dalam melakukan olahraga reguler.

Alhasil, hindari rebahan terlalu lama, istirahat secukupnya dan seimbangi dengan olahraga dan aktivitas.

(Sikah/Pojoksatu/hargo)


Komentar