Senin, 21 Juni 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ternyata Ini Penyebab Naiknya Sembako di Bulan Ramadan

Oleh Aslan , dalam Ekonomi , pada Senin, 29 Mei 2017 | 06:08 WITA Tag:
  


Hargo.co.id – Memasuki bulan Ramadan, aksi penimbunan pangan kerap terjadi di sejumlah daerah. Imbasnya, harga beberapa komiditi di pasaran melambung.

Untuk mencegah terjadinya penimbunan tersebut, Karyanto menjelaskan bahwa kementerian telah mengantisipasi dengan menerbitkan Peraturan Menteri (PerMen) No 20 tahun 2017 tentang pendaftaran pelaku distribusi barang kebutuhan pokok.

Permen tersebut mewajibkan setiap distributor untuk melaporkan distribusi dan stok barang pokok yang tersedia di gudang.

BACA  Nikmati Promo Swimming Pool Deals di Aston Gorontalo & Villas Sampai 15 Juni 2021

“Jadi kalau distributor dia melapor, ada berapa stoknya (bahan pangan), kami amankan,” kata Karyanto.

Sementara itu, menurut Direktur operasional dan pelayanan publik Bulog, Karyawan Gunarso mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki 3,9 miliar kilo muatan gudang. Dengan jumlah sedemikian besar, menurut Gunarso seharusnya tidak ada lagi penimbunan dan pemerataan bahan pangan diseluruh Indonesia bisa diwujudkan.

BACA  Pasca Lebaran, Harga Ayam Pedaging Mulai Turun 

“Ada tiga cara untuk meratakan bahan pangan seluruh Indonesia. Yaitu, memenuhi kecukupan ketersediaan, memenuhi distribusi. Kemudian dengan ketersedian distribusi, masyarakat terjangkau dalam akses pangan yang murah,” imbuhnya.(hg/bon/rmol/mam/JPG)


Komentar