Rabu, 12 Mei 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tertarik Tanaman Porang, Ketua Puskop Yustisia Adil Makmur Temui Wagub 

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 28 April 2021 | 02:05 WITA Tag:
  Wagub Gorontalo H. Idris Rahim (tengah) menerima audiensi Puskop Yustisia Adil Makmur di ruang kerjanya, Senin (26/04/2021). (Foto: Istimewa)


Hargo.co.id, GORONTALO – Ketua pusat Koperasi (Puskop) Yustisia Adil Makmur, Kolonel CHK. Irman Putra mengaku tertarik untuk mengembangkan tanaman porang di Gorontalo. 

Hal itu ditutarakan Kolonel CHK. Irman Putra saat melakukan audiensi dengan Wakil Gubernur (Wagub) Gorontalo H. Idris Rahim di ruang kerja Wagub Kantor Gubernuran Gorontalo, Senin (26/04/2021).

“Nanti akan kita demplot dulu untuk percobaan tanaman porang di Gorontalo,” kata Irman.

Porang adalah tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Porang biasanya dimanfaatkan dengan diolah menjadi tepung yang dipakai untuk bahan baku industri untuk kosmetik, pengental, lem, mie ramen, dan campuran makanan.

Lebih lanjut Irman menuturkan, pihaknya berminat untuk mengembangkan korporasi pertanian dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di Gorontalo. Selain porang, Puskop Yustisia Adil Makmur juga akan mengembangkan tanaman jagung. Puskop yang merupakan produsen nasional untuk pupuk hayati dan organik cair ini untuk tahap awal membutuhkan lahan seluas dua ribu hektar.

“Tahap pertama kami butuh lahan dua ribu hektar untuk tanaman jagung dan porang,” tandasnya.(zul/adv/hargo)

BACA  Gubernur Gorontalo Tinjau Posko Perbatasan di Pohuwato

Komentar