Sabtu, 8 Agustus 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tertimbun Longsor, Seorang Warga Sulteng Tewas di Tambang Suwawa

Oleh Rendi Wardani Fathan , dalam Kab. Bone Bolango News , pada Sabtu, 4 Juli 2020 | 18:50 WITA Tag:
  Proses evakuasi korban tewas akibat tertimbun longsor di daerah Tambang Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (4/7/2020). (Foto : Istimewa)


Hargo.co.id GORONTALO – Tingginya curah hujan yang mengguyur Provinsi Gorontalo tidak hanya menyebabkan banjir. Bencana longsor juga terjadi dibeberapa wilayah di Gorontalo.

Misalnya di Kabupaten Bone Bolango. Longsor melanda Kecamatan Suwawa Selatan dan Suwawa Timur. Dari dua kecamatan itu, bencana longsor di Suwawa Timur menelan korban nyawa.

Seorang warga asal Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng) dikabarkan tewas. Teridentifikasi korban bernama Oka Apriyanto Sambayo (21).

BACA  Air Sungai Taludaa 'Ngamuk', 150 Rumah Warga di Kecamatan Bone Rusak Parah

Informasi yang dihimpun, kejadian itu terjadi pada Jum’at, (3/7/2020), sekitar pukul 15:00 WITA. Korban tertimbun longsoran tanah saat dirinya sedang istrahat. Tiba-tiba terjadi longsor, dan dirinya tidak sempat melarikan diri, sehingga korban tertimbun tanah dan batu yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Penambang lain yang sempat menyaksikan kejadian itu, mencoba menyelamatkan korban. Namun karena curah hujan yang cukup tinggi, korban tidak terselamatkan.

Korban baru bisa dievakuasi keesokan harinya oleh Babinsa dari Koramil 1304/06 Suwawa dibantu penambang lainnya. Korban langsung dilarikan ke puskesmas terdekat sekitar Pukul 14.15 WITA.

BACA  Tiba-tiba, Sekda Bone Bolango Tutup Kantor Kominfo  

Setelah dari puskesmas, korban langsung dibawa di rumah duka di Desa Tanggilingo, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone bolango.

“Sudah cukup lama korban bekerja di tambang itu yang terhitung dari tahun 2018,” jelas Babinsa Tulabolo Timur, Serma Ruslan Lasulika.

Peristiwa longsor di daerah tambang Suwawa Timur itu juga membuat lima penambang lain ikut menjadi korban.

BACA  Longsor, Jalan di Bone Pesisir Sementara Ditutup

“5 orang itu diantaranya, Hendra Dunggio (37) warga Desa Luwoo Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo; Rahman warga Kelurahan Wumialo, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo; Adnan warga Desa Bube Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango. Kemudian Iton Aboka dan Deprianto Kinsal (22) merupakan warga daerah asal yang sama yakni Kecamatan Nuhon, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah,” beber Serma Ruslan. (rwf/hg)


Komentar