Sabtu, 11 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terungkap, Saat Kecelakaan Penabrakan Peserta Pawai 1 Muharram Ternyata Tak Ada Pengamanan

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Senin, 3 Oktober 2016 | 21:30 WITA Tag: , ,
  


GORONTALO, Hargo.co.id – Kejadian tabrakan peserta pawai Muharram menimbulkan keprihatinan banyak kalangan.

Pasalnya, dalam kejadian tersebut tak ada petugas lalu lintas yang mengatur arus kendaraan. Padahal, saat itu para peserta pawai sudah mulai ramai.

Saat itu baru ada beberapa petugas Dishub Kabupaten Gorontalo.

Itupun petugas baru bersiap-siap mengatur kerucut lalu lintas untuk memblokir kendaraan masuk ke wilayah depan Masjid Baiturrahim. Lalu lintas hendak dialihkan melewati jalan belakang shoping Limboto atau belakang kantor Bupati Gorontalo.

BACA  Tabrakan di Jalan HB. Jasin, Dua Mobil Ringsek

Kabag Kesra dan Budaya Setda Kabupaten Gorontalo Zainudin Lasido mengatakan, insiden tersebut terjadi saat pawai baru hendak dimulai.

Sehingga sebagian kendaraan sudah akan mengambil posisi di jalan. Saat itulah, mobil tersebut tiba-tiba muncul dengan cepat.

Menurut Zainudin sejatinya sudah sejak 3 hari sebelummnya, pihaknya sudah mengkoordinasikan maslaah pengamanan Pawai dengan petugas Dishub dan Petugas lalu Lintas Polres serta pihak Satpol PP.

Bahkan dari pembicaraan terakhir sudah ada kepastian untuk jumlah personil yang akan diturunkan mengamankan pawai. Hanya saja karena waktu masih menunjukan pukul 06.00 Wita, para petugas kepolisian belum berada di tempat.

BACA  Lolos di Atinggola, 1 Ton Cap Tikus Disita di Popayato Barat

“Kita memberitahunkan kepada pihak kepolisian kegaitannya akan dimulai jam 6. Mungkin saat itu mereka masih dalam perjalanan,” ungkapnya.

Pawai Hijratul Rasul kemarin, kata Zainudin, pihaknya telah berupaya untuk melaksanakannya sesuai prosedur. Mulai dari koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk menyangkut perizinan dan ketertiban peserta.

Seluruhnya peserta yang akan ikut pawai sekira 1000-an orang. Untung saja, yang ada tepian jalan hanya sedikit. Sebagian besar masih berada di halaman masjid, serta masih dalam perjalanan.

BACA  Hantam Pohon di Tepi Jalan, Mobil Minibus Alami Kecelakaan Tunggal

Peserta yang hadir adalah perwakilan dari SKPD, Kecamatan sampai kelurahan, serta wakil dari sekolah-sekolah yang ada di Limboto.

Terpisah Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo mengaku sangat prihatin dengan insiden dalam Pawai Hijratul Rasul tersebut. Menurutnya kejadian ini harus menjadi pelajaran bagi seluruh masyarakat.

Laman: 1 2


Komentar