Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Thariq Modanggu Beri Penguatan Terhadap Pemerintah Desa

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Sabtu, 25 September 2021 | 14:05 PM Tag:
  Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan pada PAMSIMAS di Kecamatan Ponelo Kepulauan. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Air bersih merupakan elemen terpenting bagi manusia dan untuk itu program pemerintah melalui PAMSIMAS atau di lokal daerah lewat PUDAM, ini sangat dibutuhkan masyarakat. 

Penegasan tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu saat didaulat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Aparatur Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan pada Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) dilaksanakan di Mohinggito Cottage, Desa Ponelo, Kecamatan Ponelo Kepulauan. 

“Sehingga, saya yakin bahwa program PAMSIMAS yang sampai saat ini sudah menjangkau 72 desa dengan pemanfaatannya sudah bisa dirasakan oleh 30.469 jiwa di Gorontalo Utara, tentu itu angka yang sudah cukup signifikan,” ungkapnya. 

Meski demikian, jika dibanding dengan jumlah penduduk di Gorut, tentu masyarakat yang menikmati air bersih lewat program tersebut masih minim. 

“Tapi, saya kira kan ini bisa kita cek kan, kolaborasi dengan data PUDAM. Meski memang PUDAM sendiri agak susah menjangkau, kami melihat kendala-kendala teknis kaitan dengan kondisi alam dan lain-lain,” ujar Thariq Modanggu.

Untuk itu, pihaknya berharap kegiatan tersebut benar-benar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Ia pun memberikan apresiasi kepada pihak pelaksana yang telah memilih Pulau Mohinggito sebagai tempat pelaksanaan kegiatan. 

“Karena memang membutuhkan tempat yang inspiratif untuk pelatihan seperti ini. Supaya para peserta juga dapat mengikutinya dengan maksimal, tanpa harus kembali ke rumah sebelum kegiatan berakhir,” kata Thariq Modanggu. 

Adapun tujuan dari pelatihan ini yakni menyamakan pemahaman peserta terhadap juknis kerjasama Desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi serta membangun komitmen peserta agar bersedia untuk melanjutkan program air minum dan sanitasi di desanya salah satunya melalui kerjasama desa dan menyusun rencana kerja tindak lanjut pemerintah Desa dan kecamatan dalam mewujudkan kerjasama desa untuk kegiatan air minum dan sanitasi. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar