Senin, 28 September 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



THR Nasabah Dipotong untuk Bayar Pinjaman, DPRD Bereaksi

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Advertorial Kab. Gorontalo Utara Legislatif , pada Rabu, 10 Juni 2020 | 10:05 WITA Tag:
  Anggota DPRD Gorut, Ridwan R. Arbie


Hargo.co.id, GORONTALO – DPRD Gorontalo Utara (Gorut) bereakasi setelah menerima aduan dari seorang nasabah bank. Ini gara-gara Tunjangan Hari Raya (THR) dipotong oleh pihak bank guna membayar ansuran pinjaman.

Informasi yang berhasil dihimpun, Sekretaris Komisi II DPRD Gorut, Ridwan R. Arbie menilai langkah pihak bank salah. Menurutnya, THR dan gaji 13 ASN tidak boleh dipotong untuk membayar utang, baik oleh bank, maupun bendahara.

BACA  Mendagri Tunjuk Mitran Tuna dan Mohamad Nadjamuddin Pjs Bupati

“Nampaknya ini ada yang salah. Pasalnya uang THR nasabah dipotong untuk membayarkan pinjaman di bank tersebut. Padahal THR atau gaji 13 atau gaji 14 yang dipotong untuk membayar hutang,” jelasnya.

Atas persoalan tersebut, kata Ridwan Ridwan R. Arbie mempertanyakan langsung kepada pihak bank yang dimaksud. Penjelasan yang disampaikan oleh pihak bank, yang bersangkutan memiliki tunggakan.

BACA  DPRD Gorontalo Utara Minta Maksimalkan Potensi Retribusi

“Kemudian diminta lagi pihak bank untuk menunjukan bulan apa yang bersangkutan memiliki tunggakan. Ketika menyebutkan nama bulan, nasabah kemudian ditunjukan bukti pemotongan dana pensiun,” kata Ridwan R. Arbie.

Pihak bank lantas meminta waktu untuk mengusut persoalan ini, namun hingga saat ini sudah lebih dari 8 hari belum juga ada jawaban.

BACA  Potensi Wisata Daerah Perlu Didukung Infrastruktur dan Anggaran

“Yang jadi pertanyaan, kapan terjadi tunggakan jika setiap bulannya langsung dipotong pada pembayaran gaji,” tegas Ridwan R. Arbie.

Nasabah atau ahli waris dari Maumuna Lahamutu, kata Ridwan R. Arbie, terus mempertanyakan hal ini, karena ketidakjelasan sistem.

“Dan jika memang hal ini tidak ada kejelasan maka tentunya ahli waris dapat menempuh jalur lain agar ada kejelasannya,” ujarnya. (abk/adv/hg)


Komentar