Rabu, 18 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tiba di Serambi Madinah, Ketua BPK RI Disambut Adat Mopotilolo

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Advertorial Gorontalo , pada Sabtu, 12 Juni 2021 | 15:05 Tag: , ,
  Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menyambut kedatangan Ketua BPK RI, Agung Firman Sampurna, di Provinsi Gorontalo. Kedatangan Agung bersama rombongan untuk pertama kalinya ke Gorontalo disambut dengan adat Mopotilolo, Jumat (11/06/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Setibanya di bandara Djalaludin Gorontalo, Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Agung Firman Sampurna langsung disambut pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo), dengan upacara adat Mopotilolo, yang dikenal merupakan tradisi adat Gorontalo dalam menyambut pejabat negara yang baru pertama kali menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah.

Agung Firman Sampurna yang juga merupakan ketua umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) itu tiba di Bandara Djalaluddin sekitar pukul 12.48 Wita dengan pesawat Garuda Indonesia pada Jumat (1106/2021). Rombongan langsung menuju VIP bandara lama dan disambut oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Gorontalo Dwi Sabardiana, Rektor Universitas Negeri Gorontalo Eduart Wolok, unsur Forkopimda serta sejumlah pimpinan OPD.

Penyambutan adat mopotilolo diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo. Setibanya di ruangan VIP, prosesi mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat berupa minuman dan makanan tradisional.

Prosesi dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Kepala BPK RI bersama rombongan selama berada di Gorontalo.

Kedatangan Agung Firman Sampurna bersama Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK RI Dori Santosa ke Gorontalo, dalam rangka menghadiri rapat paripurna Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah daerah Provinsi Gorontalo. Malam harinya Agus dijadwalkan untuk mengukuhkan Pengurus Provinsi (Pengprov) PBSI.(zul/adv/hargo)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar