Jumat, 5 Maret 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tiba-tiba, KPU Kabupaten Gorontalo Buka 31 Kotak Suara

Oleh Berita Hargo , dalam KPU , pada Sabtu, 30 Januari 2021 | 03:34 WITA Tag: ,
  Plt. Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Rasyid Patamani (kanan) saat menandatangani berita acara pembukaan 31 kotak suara. (Foto: Sucipto Mokodompis/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Tiba-tiba, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo (Kabgor) membuka kotak suara. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 31 kotak suara dibuka dari berbagai tempat pemungutan suara (TPS).

Usut punya usut, ternyata langkah itu dilakukan karena ada pasangan calon pada Pilkada Kabgor yang digelar 9 Desember 2020 lalu, lakukan protes. Pembukaan kota suara tersebut, disaksikan oleh Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Kepolisian, dan saksi dari empat pasangan calon (Paslon).

Menurut Plt. Ketua KPU Kabupaten Gorontalo, Rasyid Patamani, pembukaan kotak suara tersebut dilakukan guna pembuktian persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan di gelar pada 03 Februari 2021 pekan depan.

“Terkait pembukaan kotak suara pada hari ini, sesuai dengan dalil gugatan pemohon di MK. Jadi kita menyiapkan alat bukti yang akan kita sampaikan pada 03 Februari 2021 nanti, atas jawaban termohon,” kata Rasyid Patamani, usai membuka kotak suara yang digelar Kantor KPU Kabupaten Gorontalo, Jumat (29/01/2021)

BACA  KPU Tetapkan Saipul-Suharsi Pemenang Pilkada Pohuwato

Diketahui, KPU Kabupaten Gorontalo menjadi pihak termohon dalam perkara sengketa Pilkada Kabupaten Gorontalo yang dilaporkan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Gorontalo nomor urut 1 dan 4 ke MK.

“Pembukaan ulang kotak suara ini didasarkan pada PKPU nomor 19 tahun 2020 pasal 71, Surat edaran KPU RI tanggal 22 Desember 2020 perihal persiapan perkara pengajuan perselisihan hasil pemilihan serentak tahun 2020 dan surat edaran KPU RI tanggal 7 Januari 2021 tentang pembukaan kotak suara dalam penyelesaian perselisihan hasil pemilihan di MK,” paparnya.

Diterangkan Rasyid Patamani, pembukaan kotak suara ini dilakukan guna mendokumentasikan beberapa formulir yaitu Formulir C hasil-KWK yang merupakan berita acara dan sertifikat hasil Penghitungan Suara di TPS yang berisi seluruh dokumen hasil pemungutan suara dan Formulir C Pemberitahuan-KWK yang merupakan surat pemberitahuan Pemungutan Suara kepada pemilih.

Selain itu, lanjut Rasyid Patamani, pembukaan kotak suara ini juga dilakukan untuk mendokumentasikan Biodata Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang berisi tentang daftar pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, namun telah memenuhi syarat sebagai Pemilih dengan menggunakan KTP-el atau Surat Keterangan dan Formulir C daftar hadir Pemilih di TPS yang sesuai dengan salinan DPT.

BACA  Hasil Pleno KPU, Pasangan Hamim - Merlan Pemenang Pilkada Bone Bolango

“Termasuk alat bukti yang akan kita sampaikan adalah formulir C hasil KWK. Ini sudah kita lakukan pemotretan tadi, itu kita akan cetak ulang, dan itu yang akan kita sampaikan di MK,”

Berdasarkan data yang dihimpun reporter Hargo.co.id, 31 kotak suara tersebut berasal dari Kecamatan Limboto, Telaga, Telaga Biru, Limboto Barat, Telaga Jaya, Tabongo, Pulubala, Boliyohuto, Mootilango, Tibawa, dan Tilango.

Di Kecamatan Limboto terdapat di TPS 6, TPS, 8, TPS 9 dan TPS 10 Kelurahan Hunggalua. Kemudian TPS 1 Kelurahan Hutuo, TPS 7 Kelurahan Kayu Bulan, TPS 1 dan TPS 3 Kelurahan Tenilo. Sedangkan di Kecamatan Telaga yaitu di TPS 1 Desa Dulamayo.

BACA  Gugatan Kandas di MK, KPU Tetapkan Nelson-Hendra Pemenang Pilkada di Kabgor

Di Kecamatan Telaga Biru terdiri dari lima TPS yaitu TPS 2 Desa Modelidu, TPS 2 dan 3 Desa Tuladenggi, TPS 2 Desa Tonala, serta TPS 2 Desa Timoato dan Di Kecamatan Limboto Barat yakni TPS 2 Desa Pone, TPS 2 Desa Luwo’o.

Kemudian, KPU Kabupaten Gorontalo  membuka kotak suara yang berasal dari Kecamatan Tabongo yaitu kotak suara dari TPS 1 dan 4 Desa Ilomangga, TPS 2 Desa Motinelo, TPS 1 Desa Tabongo Barat, TPS 2 Desa Moahudu, dan TPS 5 Desa Limehe Timur.

Selain itu, KPU Kabupaten Gorontalo juga membuka kotak suara yang berasal dari TPS 2 Desa Ayumulingo, Kecamatan Pulubala, TPS 3 Desa Bandung Rejo dan TPS 3 Desa Motilango Kecamatan Boliyohuto.

Terakhir, KPU Kabupaten Gorontalo membuka kotak suara yang berasal dari TPS 3 Desa Iloponu dan TPS 3 Desa Molowahu, Kecamatan Tibawa dan kotak suara dari TPS 2 Desa Dulomo, Kecamatan Tilango. (hiu/hg)


Komentar