Selasa, 9 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tidur Anda Bermasalah? Atasi Dengan 5 Buah Sehat Ini

Oleh Admin Hargo , dalam LifeStyle , pada Minggu, 3 Juli 2022 | 14:35 Tag: , , , , , , , , ,
  Ilustrasi tidur. (Ist)

Hargo.co.id, JAKARTA – Mendapatkan cukup tidur bisa membuat kesehatan Anda selalu terjaga. Namun, kini banyak orang susah tidur nyenyak setiap malam atau dikenal juga dengan insomnia.

Susah tidur nyenyak ini bisa disebabkan karena terlalu stres, penyakit, masalah pribadi dan lainnya. Untuk bisa tidur nyentak setiap malam, Anda tidak harus mengonsumsi obat tidur.

Beberapa buah, makanan dan minuman bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang baik. Berikut penjelasannya, seperti dilansir JPNN.com.

1. Kiwi

Anda mungkin tahu bahwa buah kecil yang hijau dan manis ini cocok untuk salad buah.

Namun, Anda mungkin tidak tahu bahwa kiwi juga bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak.

Dalam sebuah penelitian yang disorot oleh University of North Carolina di Chapel Hill, konsumsi dua buah kiwi dalam waktu satu jam sebelum tidur bisa mengurangi bangun di tengah tidur hingga 30 persen.

Jika Anda sepertinya tidak bisa tidur sepanjang malam, coba tambahkan buah kiwi ke daftar belanja kamu

2. Pisang

Meskipun Anda biasanya makan pisang saat sarapan, buah ini sebenarnya mengandung kadar kalium dan magnesium yang tinggi, pelemas otot alami yang bisa membuat tubuh Anda merasa lebih nyaman dan siap untuk tidur.

Selain itu, karbohidrat dalam pisang bisa meningkatkan rasa kantuk Anda.

3. Ceri

Ceri dan jus ceri mengandung melatonin tingkat tinggi, hormon di otak yang mengontrol pengaturan tidur Anda.

Satu studi bahkan menunjukkan bahwa minum jus ceri bisa meningkatkan kualitas tidur pada orang yang menderita insomnia.

Dilakukan oleh Louisiana State University, penelitian ini menemukan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi hanya 8 ons jus ceri asam dua kali sehari tidur dengan mendapatkan 85 menit tambahan.

4. Berry

Berries termasuk blueberry, raspberry dan blackberry mengandung tingkat antioksidan yang sangat tinggi.

Menurut para ahli di National Sleep Foundation, antioksidan bisa melindungi Anda dari stres akibat gangguan tidur, yang menyebabkan oksidasi dalam tubuh.

Mengonsumsi buah beri yang kaya antioksidan sebelum tidur bisa membantu mengurangi stres fisik Anda secara keseluruhan, sehingga memungkinkan kamu untuk tidur lebih nyenyak.

5. Nanas

Camilan buah lain untuk dinikmati sebelum tidur adalah nanas. Juga tinggi melatonin, peneliti menemukan bahwa setelah makan nanas, penanda melatonin dalam tubuh bisa meningkat sebesar 266 persen.

Artinya, rutin mengonsumsi makanan manis ini sebelum tidur bisa membantu Anda cepat terlelap dan tidur lebih lama. (JPNN.com)

 

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Punya Masalah Tidur? Atasi Dengan 5 Buah Sehat Ini“. Pada edisi Ahad, 03 Juli 2022.
(Visited 27 times, 1 visits today)

Komentar