Tuesday, 27 July 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tiga Desa di Gorontalo Utara Masuk Desa Mandiri Covid-19Â

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Wednesday, 16 June 2021 | 14:05 PM Tags: ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin membuka forum koordinasi gerakan masyarakat hidup sehat persiapan Desa Mandiri Covid-19 berbasis Germas yang diselenggarakan Dinas Kesehatan. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak tiga desa di Gorontalo Utara (Gorut) masuk penilaian Desa Mandiri Covid-19. Ketiga desa tersebut yakni, Desa Tombulilato, Kecamatan Atinggola, Desa Molingkapoto Selatan, Kecamatan Kwandang dan Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur.

Informasi yang berhasil dihimpun, ketiga desa itu masuk penilaian desa mandiri Covid-19 berbasis Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) 2021. Ini lantas membuat Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin merasa bangga, karena warganya mandiri melawan Covid-19. 

“Ketiga desa ini saya anggap luar biasa. Karena setiap desa itu mempunyai keunggulan dan inovasi-inovasi yang dibuat dan dihasilkan,” kata Indra Yasin. 

Oleh karena itu, ia berharap, desa-desa di Gorontalo Utara ke depan bisa mencontoh ketiga desa. Sehingga desa tersebut seperti kota kecil dan masyarakatnya tidak ada yang berbondong-bondong ke kota. 

“Oleh sebab itu, penciptaan kota kecil di masing-masing desa, itu sangat penting dan membutuhkan inspirasi dari setiap kepala desa dan aparatnya,” tuturnya. 

Dan terkait dengan desa ini, Indra Yasin mengaku, saat kunjungan Mendes PDTT ke Gorontalo Utara, Sabtu (12/06/2021), dirinya sempat menyampaikan bahwa pembangunan jamban keluarga yang menggunakan dana desa di Gorontalo Utara sudah mencapai 82 persen. 

“Di mana dari 82 persen itu, ada 18 desa menyatakan tidak bebas buang air sembarangan. Artinya, jamban keluarga sudah tercukupi. Dan ini yang akan kami targetkan di 2022-2023 semua desa di Gorontalo Utara, semua punya jamban keluarga, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang buang air sembarangan. Termasuk juga pemukiman rumah sehat mahyani, kami dorong. Sehingga masyarakat di Gorut sudah memiliki rumah yang layak huni,” kuncinya. (abk/adv/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar