Tiga Hari Melarikan Diri, Napi Lapas Pohuwato Berhasil Ditangkap

Tim Alap-Alap (Buser,red) Polres Gorontalo Kota yang dipimpin langsung oleh Aipda Zulkifli Gimalaha beserta anggota, menangkap narapidana yang kabur dari Lapas Pohuwato.
-

Hargo.co.id, GORONTALO – Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pohuwato, yang melarikan diri dan telah menjadi buronan selama kurang lebih tiga hari, akhirnya berhasil ditangkap di wilayah Kota Gorontalo, Jumat (15/11/2019), sekitar pukul 16.00 Wita.

Informasi yang dirangkum Hargo.co.id, narapidana yang bernama Hamdan Bobihu alias Sadam, warga Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo, akhirnya berhasil ditangkap oleh Tim Alap-Alap (Buser,red) Polres Gorontalo Kota bersama dengan tiga orang anggota Lapas, disalah satu kos-kosan yang terletak di Kelurahan Pulubala, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo.

Hamdan Bobihu pun kemudian digiring ke Polsek Kota Tengah sembari menunggu jemputan untuk dibawa ke Lapas Pohuwato.

Kasubsi Pembinaan Lapas Pohuwato, Abdul Razak Suleman mengatakan, tepatnya pada Selasa lalu, sekitar pukul 05.00 Wita, Hamdan Bobihu melarikan diri dengan memanfaatkan waktu Sholat Subuh dan membersihkan ruang besuk warga binaan.

“Pada saat itu pintu kamar sel warga binaan dibuka untuk melaksanakan Shalat Subuh dan setelah itu dilanjutkan dengan membersihkan ruang besuk. Kami baru mengetahui yang bersangkutan melarikan diri pada saat apel pergantian regu jaga,” jelas Abdul Razak Suleman.

Anggota Sipir Lapas Pohuwato saat menjemput H-B alias Sadam di Mapolsek Kota Tengah.
Anggota Sipir Lapas Pohuwato saat menjemput H-B alias Sadam di Mapolsek Kota Tengah.

Ditambahkan pula, Hamdan Bobihu merupakan warga binaan di Lapas Kota Gorontalo yang dipindahkan ke Lapas Pohuwato dan telah menjalani masa hukuman kurang lebih 1 tahun dari total masa hukuman selama 5 tahun, terkait dengan kasus narkoba.

Video

“Kami masih kekurangan personel untuk melakukan pengawasan. Setiap harinya sipir yang berjaga hanya berjumlah 4 orang. Ini menandakan bahwa kami masih minim anggota,” tutupnya.

Sebelumnya Kepala Lapas Kelas IIA Gorontalo, Asih Widodo,Bc.IP,SH telah mengeluarkan surat perintah. Surat itu sendiri untuk melaksanakan tugas pencarian warga binaan atas nama Hamdan Bobihu, dengan nomor : W.26.PAS 1.PAS 1.PK.01.04.440.2019. (zul/hg)