Sabtu, 11 Juli 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tiga Jam Akses Gorontalo-Manado Lumpuh

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Selasa, 13 Juni 2017 | 11:50 WITA Tag: , , , , ,
  


GORONTALO Hargo.co.id – Akibat Hujan deras yang mengguyur Gorontalo, sejak siang (12/6) kemarin, membuat akses jalan trans Sulawesi di Desa Iloponu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, longsor. Material longsor menutup seluruh badan jalan, sehingga praktis tak satu pun kenderaan yang bisa melintas. Longsor ini mengakibatkan akses Manado – Gorontalo terputus dan tidak bisa dilalui selama tiga jam. Akibatnya kendaraan mengular dari dua sisi dan mengakibatkan kemacetan.

BACA  Tanpa Gelar Pasukan, Upacara Hari Bhayangkara Dilaksanakan Secara Virtual

Pantauan Gorontalo Post (grup Hargo.co.id), sejumlah kendaraan yang memaksa melintas terjebak di lumpur. Sejumlah warga dibantu anggota TNI ikut melakukan evakuasi kenderaan. Setelah sebagian lumpur berhasil disingkirkan secara manual, para pengendara harus berjibaku melintasi lumpur yang tersisa dengan ekstra hati-hati, karena disisi kiri arah Manado pada lokasi tersebut adalah jurang. Tak sedikit, para pengendara yang memilih balik kanan karena khawatir.

BACA  Gerhana Matahari Diamati di 31 Provinsi, di Gorontalo Mulai Pukul 15.28 WITA

Sementara itu, sebuah mobil kontainer mengalami masalah pada mesin sehingga mogok di tengah longsor. Akibatnya, kemacetan pun semakin diperparah karena mobil yang berukuran besar itu telah menghalangi sebagian besar badan jalan yang bisa dilalui. Melihat kondisi ini, warga sekitar langsung gotong royong mendorong mobil tersebut hingga menepi ke bahu jalan.

Iwan (36), salah satu warga mengatakan, kondisi ini akibat derasnya hujan yang terjadi wilayah pegungungan Desa Iloponu. “Seperti ini kalau hujan, bahkan bisa longsor lebih parah,” ujarnya.

BACA  Pemprov Terima Bantuan Reagent Kit dan VTM dari BNPB

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Gorontalo, Rahmat Doni Lahati, mengatakan longsoran tersebut telah ditangani Pemerintah Provinsi. “Informasinya tadi (kemarin, red), pihak dari BPBD Provinsi sudah turun ke lokasi untuk menangani banjir yang disertai lumpur di ruas Jalan Trans Sulawesi, Kecamatan Tibawa,” tandasnya.(tr-45/Hargo)


Komentar