Rabu, 20 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tiga Syarat Terpenuhi, Sekolah di Kabupaten Gorontalo Dibuka September

Oleh Berita Hargo , dalam Advertorial Headline Kab. Gorontalo , pada Rabu, 19 Agustus 2020 | 03:05 AM Tag: ,
  Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat berdialog membahas rencana pemerintah untuk membuka kembali sekolah pada September mendatang. (Foto Istimewa/HUMAS)

Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah enam bulan ditutup, pemerintah Kabupaten Gorontalo berencana membuka kembali sekolah-sekolah. Rencana pembukaan SD dan SMP itu, kini mulai dimatangkan, dan akan dieksekusi September mendatang.

“Saya ada rencana September pembukaan sekolah, tapi tidak semua sekolah akan dibuka,” ungkap Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Selasa (18/8/2020).

Ada tiga syarat yang wajib dipenuhi. Pertama sesuai dengan zona. Artinya hanya sekolah yang berada di zona hijau yang bisa dibuka. Sementara yang di zona merah tidak.

Syarat kedua, sekolah sudah benar-benar siap. Siap dalam arti fasilitas pendukung, baik itu tersedianya alat cuci tangan, serta ruang kelas yang sudah disemprot disinfektan. Selain itu, tim pengajar juga harus dipastikan siap, minimal para guru telah melakukan rapid test.

“Ketiga, kesepakatan antara orang tua dan pihak sekolah. Kalah tiga syarat itu terpenuhi, sekolah bisa dibuka,” tegas Nelson Pomalingo.

Pembukaan kembali sekolah setelah enam bulan ditutup itu, dilandasi beberapa alasan. Salah satunya, belum optimalnya pembelajaran Daring yang dilakukan selama pandemi ini.

“Pertama pendidikan Daring ini tidak efektif, karena tidak semua daerah punya IT. Kedua kejenuhan, dan ketiga kita ingin anak-anak kita tetap punya sosialisasi dengan masyarakat, terutama teman-teman sekolahnya,” lanjut Nelson Pomalingo.

Mantan rektor ini menegaskan bahwa rencana tersebut masih dikaji lagi dan akan dilakukan secara bertahap. Pembukaan rencananya akan dimulai di tingkatan SMP dan akan dievaluasi. Jika memang memungkinkan, dalam beberapa bulan ke depan akan dilakukan secara menyeluruh. Tentunya, dengan menyesuaikan aturan pemerintah pusat. (nat/adv/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar