Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tiga WNI Positif Terinfeksi Virus Korona

Oleh Admin Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Rabu, 19 Februari 2020 | 03:05 AM Tag: , ,
  Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah membenarkan 3 Warga Negara Indonesia (WNI) dari total 78 WNI yang bekerja sebagai awak di kapal pesiar Diamond Princess dinyatakan positif terinfeksi virus Korona. (ANTARA/Aria Cindyara)

Hargo.co.id – Masa karantina di kapal Diamond Princess tinggal satu hari lagi yakni berakhir pada 19 Februari 2020. Hanya saja, 3 Warga Negara Indonesia (WNI) dari total 78 WNI yang bekerja sebagai awak di kapal tersebut, dinyatakan positif virus Korona. Ketiganya sudah dilarikan ke Rumah Sakit Chiba, Jepang.

“Betul (3 WNI terkonfirmasi positif virus Korona). Tadi pagi (confirmed),” kata Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada JawaPos.com, Selasa (18/2).

Kementerian Luar Negeri terus berkoordinasi dengan Pemerintah Jepang untuk memantau perkembangan kondisi ketiga WNI itu. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga sudah bertemu dengan Dubes Jepang untuk menjamin fasilitas perawatan ketiga WNI.

“Sebagai informasi, besok (Rabu, 19 Februari 2020) siang jelang sore saya berangkat ke Laos karena ada pertemuan Menlu ASEAN dan Tiongkok untuk membahas kerja sama penahanan COVID-19 ini. Dan kami upayakan hal terbaik bagi WNI kita. Kami mohon doa,” kata Menteri Retno.

Sebelumnya, pada Senin (17/2), Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto menjelaskan sejauh ini kondisi 78 WNI sehat dan baik-baik saja. Kabar terakhir, kapal tersebut sudah mulai merapat ke pelabuhan Yokohama.

Menurutnya pihak KBRI maupun Kementerian Luar Negeri sudah bertanya kepada para WNI rencana selanjutnya. Apakah mau pulang ke tanah air atau ada pilihan lain.
Namun, ada alasan yang sensitif di antaranya menyangkut kontrak kerja dengan kapal. Sebab 78 WNI itu adalah awak kapal pesiar tersebut.

Hanya saja, H-1 jelang karantina berakhir pada Rabu (19/2), 3 WNI dikabarkan positif terinfeksi virus Korona. Itu artinya para WNI tersebut dipastikan positif saat masa inkubasi virus selama 14 hari.

Dalam laman Vox disebutkan, wabah di kapal Diamond Princess itu pertama kali terdeteksi ketika seorang penumpang berusia 80 tahun dites positif terkena virus Korona pada 1 Februari seminggu setelah turun di Hongkong. Pada 4 Februari, 3.700 penumpang dan awak yang merapat di pelabuhan Yokohama, Jepang, diminta untuk tetap berada di kapal dan dikarantina.

*Berita ini juga terbit di jawapos.com edisi selasa 18 februari 2020

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar