Kamis, 14 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tim Reptil Akhiri Sepak Terjang Terduga Pelaku Jambret di Gorontalo

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Metropolis , pada Selasa, 12 Januari 2021 | 17:25 WITA Tag: ,
  Kapolres Bone Bolango AKBP Suka Irawanto S.I.K M.Si didampingi Kapolsek Tilongkabila IPTU Irwan Arifin Ali S.E dan Ka Tim Reptil Bripka Melki Dai, saat menggelar Press Conference pengungkapan kasus jambret lintas Kabupaten - Kota dengan pelaku ASM (baju orange), di Mapolsek Tilongkabila pada Selasa (12/01/2021). (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)


Hargo.co.id, GORONTALO – Sepak terjang terduga pelaku jambret lintas Kabupaten-Kota di Gorontalo yang sudah sangat meresahkan warga di sejumlah wilayah di Gorontalo sejak awal 2020 hingga 2021 akhirnya berhenti di tangan Tim Reptil (Reskrim Polsek Tilongkabila) pada Kamis (07/01/2021).

Adalah ASM (27) warga Desa Tinelo, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, tidak dapat berkutik saat dibekuk oleh Anggota Tim Reptil, di kawasan Taman Budaya Limboto. ASM diduga menjambret handphone di 3 tempat yang berbeda di wilayah hukum Polsek Tilongkabila.

Dalam Konferensi Pers yang digelar di Mapolsek Tilongkabila pada Selasa (12/01/2021) Kapolres Bone Bolango AKBP Suka Irawanto SIK M.Si didampingi Kapolsek IPTU Irwan Arifin Ali S.E menjelaskan, penagkapan ASM berawal dari adanya laporan warga di 3 lokasi berbeda yang mengaku hpnya di jambret oleh pelaku yang memiliki ciri-ciri yang sama.

BACA  Pengunjung Membludak, Pantai Minanga 'Disegel' Petugas

“Setelah menerima laporan penjambretan yang terjadi di 3 lokasi berbeda, Anggota Tim Reptil melakukan penyelidikan hingga berhasil mendapatkan barang bukti handphone yang diduga hasil kejahatan. Setelah dilakukan pendalaman, ternyata keterangan dari 2 orang pembeli mengarah pada ciri-ciri pelaku hingga Tim Reptil berhasil mengantongi identitas dan alamat pelaku serta membekuknya tanpa perlawanan,”jelas AKBP Suka Irawanto S.I.K M.Si.

ASM (jongkok), terduga pelaku jambret lintas Kabupaten Kota di Gorontalo berhasil dibekuk Tim Reptil. (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)
ASM (jongkok), terduga pelaku jambret lintas Kabupaten Kota di Gorontalo berhasil dibekuk Tim Reptil. (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)

Lanjut Kapolres Bone Bolango juga menerangkan, dari hasil interogasi, ASM mengakui bahwa benar dirinya yang telah melakukan penjambretan di 3 TKP berbeda di wilayah hukum Polsek Tilongkabila, bahkan dia juga menyebutkan ada sekitar 50 TKP lainnya yang masing-masing dilakukan di wilayah Bone Bolango, Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo.

BACA  Malam Pergantian Tahun, Akses Keluar Masuk Bone Bolango Ditutup

“Usai dibekuk, ASM ini mengakui perbuatannya dan menyatakan ada lagi sekitar 50 TKP berbeda yang masing-masing dilakukan diwilayah Bone Bolango, Kota Gorontalo, dan Kabupaten Gorontalo. Bahkan katanya ada lagi TKP lainnya yang menurutnya tidak diingat lagi. ASM ini melakukan aksinya seorang diri, dan rata -rata korbannya adalah anak kecil yang bermain handphone di pinggir jalan dan para remaja putri yang mengendarai sepeda motor maupun sedang berjalan sambil memegang handphone”terang AKBP Suka Irawanto S.I.K M.Si.

Dalam pengungkapan yang dilakukan oleh Tim Reptil dibawah binaan Kapolsek Tilongkabila IPTU Irwan Arifin Ali S.E dengan ketua Tim BRIPKA Melki Dai, berhasil mengamankan barang bukti 4 unit hp android, 1 unit sepeda motor dan pakaian yang digunakan ASM saat menjalankan aksinya, bahkan Tim Reptil masih akan melakukan pengembangan untuk mencari sekitar puluhan unit barang bukti hp lainnya yang menurut ASM telah dijual.

BACA  Diduga Habis Nyabu, Pria di Gorontalo Diamankan Polisi

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ASM terancam akan di jerat dengan Pasal 362 KUHPidana Junto Pasal 64 KUHP dengan ancaman hukuman kurungan penjara selama 5 tahun.

Melalui kesempatan ini Kapolres Bone Bolango AKBP Suka Irawanto S.I.K M.Si menghimbau kepada Masyarakat untuk tetap waspada dalam menggunakan handphone terlebih saat berada di jalan, dan mengingat saat ini dalam masa pandemi Covid-19 yang membuat para pelaku kejahatan mengambil kesempatan dalam melakukan aksinya.(zul/hg)

 


Komentar