Selasa, 30 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tim Watawatanga Bongkar Praktek Pungli di Pintu Masuk Tambang Rakyat

Oleh Zulkifli Polimengo , dalam Headline Metropolis , pada Rabu, 4 Maret 2020 | 21:05 PM Tag: , ,
  Kasat Reskrim Polres Bone Bolango Iptu Laode Arwansyah S.I.K bersama Anggota Resmob Watawatanga melakukan OTT terhadap 2 orang warga di jalan pintu masuk tambang rakyat Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango.

Hargo.co.id, GORONTALO – Tim Resmob Watawatanga yang dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Bone Bolango, Iptu Laode Arwansyah S.I.K, Senin (02/03/2020) berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap 2 orang warga yang melakukan pungutan liar di jalan pintu masuk menuju pertambangan rakyat Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango.

Informasi yang berhasil dihimpun, Tim Watawatanga yang dipimpin oleh Iptu Laode Arwansyah S.I.K, langsung melakukan penangkapan terhadap 2 orang warga yang saat itu tengah memungut uang dari sejumlah tukang ojek yang akan pergi ke lokasi pertambangan rakyat.

“Kapolres Bone Bolango AKBP Suka Irawanto, S.I.K, M.Si melalui Kasat Reskrim IPTU Laode Arwansyah S.I.K menjelaskan, pengungkapan kasus pungli ini berawal dari laporan masyarakat yang mengaku resah akan aktifitas pungutan liar terhadap masyarakat, tukang ojek, dan para penambang yang akan menuju ke lokasi pertambangan rakyat yang terletak di Desa Tulabolo Timur, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango.

“Setelah menerima informasi tersebut, kami langsung terjun ke lokasi dan menemukan Dua orang perempuan yang sedang menerima uang dari tukang ojek yang melintas depan pos tempat mereka meminta uang, sementara 2 orang warga lainnya berada didalam pos tersebut “jelas Iptu Laode Arwansyah S.I.K

Lebih lanjut Kasat Reskrim Polres Bone Bolango itu juga menerangkan, setelah dilakukan interogasi, kedua warga tersebut mengaku hanya diperintahkan oleh Forum Paguyuban.

“Saat kami lakukan interogasi, kedua warga ini mengaku hanya diperintahkan oleh Forum Paguyuban Masyarakat Penambang Suwawa Bersatu, dan menerima upah dari Forum tersebut. Selain itu mereka juga memperlihatkan uang yang mereka minta dari masyarakat yang melintas, berikut buku dan data para penambang, tukang ojek, serta masyarakat yang memiliki usaha di lokasi pertambang,”terang Iptu Laode Arwansyah S.I.K.

Dari OTT itu, Tim Resmob Watawatanga Sat Reskrim Polres Bone Bolango mengamankan 4 orang warga masing-masing berinisial LU (52), AKS (63), YM (32), dan FM (20), berikut barang bukti uang sejumlah Rp 6.132.500, buku daftar nama ojek, penambang, pengusaha tambang, serta buku daftar nama yang belum menyelesaikan kewajiban serta buku catatan hutang.

Selanjutnya ke empat orang warga bersama barang bukti, langsung diamankan dan dibawa ke Mapolres Bone Bolango guna proses pemeriksaan lebih lanjut.(zul/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar