Rabu, 18 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Timbulkan Banyak Pertanyaan, Dana Pramuka Minta Diaudit Kembali

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Rabu, 16 Juni 2021 | 16:05 Tag: , , ,
  Ilustrasi

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Hamzah Sidik meminta pihak terkait untuk segera mengaudit kembali dana Pramuka. Bahkan Hamzah Sidik siap hadir untuk menyaksikan jalannya audit.

Pernyataan Hamzah Sidik nampaknya tak lepas dari keterangan yang disampaikan Kepala Inspektorat Gorontalo Utara, Syamsul Bahri Poe saat diundang oleh Panitia Hak Angket. Apalagi saat diperiksa oleh Panitia Hak Angket, Syamsul Bahri Poe tidak mampu menunjukan dokumen yang diminta, dan itu lantas menimbulkan kecurigaan. 

“Daftar rincian dalam klausul Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) merupakan bagian yang tidak terpisahkan, itu tidak dapat ditunjukkan ketika kami minta,” kata Hamzah Sidik.

Dirinya lantas curiga jika memang dokumen tersebut tidak lengkap, misalnya tak ada rincian dan dinilai hal yang aneh dan luar biasa. Terhadap penegasan audit ulang tersebut, pasalnya ada dugaan bahwa untuk kegiatan Pramuka tersebut tiba saat tiba akal. 

“Karena sejak awal tidak ada proposal usulan yang disampaikan, sehingga terhadap draft kegiatan yang dilakukan itu tidak ada,” tegasnya.

Padahal, menurut Hamzah Sidik, sudah jelas untuk mendapatkan dana hibah harus ada proposal usulan yang masuk lebih dulu. Persoalan penjelasan bahwa ada relokasi atau refocusing anggaran yang dilakukan dari kegiatan perkemahan menjadi kegiatan Bansos, dasarnya juga tidak ada. 

“Pada saat kita minta nama kegiatan awalnya, kenapa berubah menjadi Bansos? Itu tidak dapat ditunjukan,” jelas Hamzah Sidik.

Dirinya menegaskan bahwa kegiatan lainnya yakni Jelajah Nusantara yang dilakukan diduga dengan menggunakan dana hibah. 

“Kegiatan tersebut dilakukan sehari, namun pertanggungjawabannya itu dilaporkan pada hari lain dan kegiatannya bertahap,” kata Hamzah Sidik.

Aleg Golkar tersebut mengaku bahwa dirinya memegang bukti terkait dengan hal tersebut, sehingga pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap dana hibah Pramuka. (abk/adv/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar