Kamis, 2 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Timnas U-23 Indonesia Hajar Laos, Tiga Gol Tanpa Balas

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Sportivo , pada Jumat, 17 Agustus 2018 | 23:10 Tag: ,
  

Hargo.co.id – Timnas U-23 Indonesia sukses menghajar Laos U-23 tiga gol tak berbalas di Stadion Patriot, Bekasi, Jumat (17/8). Hasil itu membuka peluang Indonesia lolos ke babak selanjutnya. Laga baru berjalan dua menit, Garuda Muda – julukan Timnas U-23 sudah langsung menciptakan peluang. Umpan manis Rezaldi Hehanusa sukses ditanduk Stefano Lilipaly, tapi masih bisa ditangkap kiper Laos, Saymanolinh Paseuth.

Empat menit berselang Lilipaly kembali gagal memanfaatkan peluang. Skemanya sama, mendapat umpan Rezaldi, dia menanduk bola tapi kali ini bola masih menyamping tipis di samping gawang Laos.

banner 728x485
asian games 2018
Stefano Lilipaly kerap mendapat pengawalan ketat pemain bertahan Laos. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Penantian Garuda Muda untuk mencetak gol cepat akhirnya tercipta menit 14. Berawal dari aksi Saddil Ramdani yang merangsek masuk, kemudian mengirimkan umpan yang bisa diselesaikan secara baik oleh Alberto Goncalves. Timnas U-23 nyaris menambah gol pada menit 26. Kerja sama Lilipaly dan Saddil membuahkan peluang matang. Sayang sepakan Saddil bisa ditepis Paseuth.

Laos bukan tanpa serangan. Setengah jam laga berjalan, Phoutthasay Khocharlen membuka kesempatan dengan melepaskan umpan silang tajam. Beruntung, Andritany Ardhiyasa sigap memotong dan mengamankan bola.

Tiga menit jelang turun minum, Lilipaly gagal memanfaatkan peluang manis. Mendapat umpan silang dari Beto, dia menendang bola sayangnya tak dalam posisi bagus hingga bola melambung ke atas. Skor 1-0 untuk Indonesia bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, Garuda Muda langsung tancap gas. Bahkan sukses menggandakan kedudukan. Babak kedua berjalan dua menit, Beto kembali mencatatkan namanya di papan skor. Mendapat umpan manis dari Lilipaly, Beto melepaskan sepakan keras yang menjebol gawang Laos.

Beto kembali mendapat peluang matang menit 52. Berawal dari aksi Rezaldi yang melepaskan umpan kemudian disundul Beto tapi bola masih menyamping.

Ricky Fajrin akhirnya sukses mencetak gol ketiga buat Indonesia di menit 75. Mendapat umpan dari Hansamu Yama, pemain Bali United itu menyerobot bola dan dimasukan ke gawang Laos. Semenit jelang waktu normal berakhir, Hansamu membuat suporter di Stadion Patriot kembali berdiri. Sayang sundulannya yang menyambut sepak pojok Febri gagal menemui target.

Hingga peluit panjang, skor 3-0 untuk Indonesia tetap bertahan. Berkat hasil itu Indonesia masih menempati posisi tiga dengan 6 poin. Berselisih satu angka dari Hong Kong di peringkat kedua. Membuka peluang Indonesia untuk lolos ke babak berikutnya.

Laos 0-3 Indonesia
(Beto 14′, 47′, Ricky Fajrin 75′)

Susunan Pemain

Timnas U-23 Indonesia: Andritany Ardhiyasa; I Putu Gede Juni Antara, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa; Zulfiandi, Evan Dimas Darmono (Hanif Sjahbandi 81′).; Saddil Ramdani (Irfan Jaya 63′), Stefano Lilipaly, Febri Hariyadi; Beto Goncalves (Ilham Udin 72′)
Pelatih: Luis Muilla

Laos U-23: Saymanolinh Paseuth; Xayasith Singsavang, Aphixay Thanakhanty, Xouxana Shihalath (Ouvanny Koudavone 81) Phoutthasay Khochalern (Kiengthavesak 71), Bounpachan Bounkong, Tiny Bounmalay, Phithack Kongmathilath, Phouthone Innalay; Soukchinda Natphasouk
Pelatih: Mike Wong

(ies/JPC/)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar