Sabtu, 30 Mei 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tinggalkan Lapas, 30 Warga Binaan Goyang Tiktok. Simak Berita dan Videonya

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Metropolis , pada Jumat, 3 April 2020 | 01:56 WITA Tag: , , , ,
  Video 30 Napi dapat remisi di Lapas Kelas II A Kota Gorontalo, tinggalkan lapas dengan goyang Tiktok. (Video : Natha/Hargo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Ada yang unik dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Kota Gorontalo saat memberikan remisi kepada kurang lebih 30 orang warga binaan. Pasalnya, ketika keluar dari pintu gerbang Lapas, para warga binaan keluar dengan goyang tiktok.

Pantauan Hargo.co.id, para warga binaan yang keluar dari pintu Lapas, terlihat bergoyang tiktok sambil tersenyum bersuka cita, karena sudah bisa menghirup udara bebas. Bahkan hal tersebut pula turut membuat para sipir dan juga masyarakat yang berada di luar Lapas tertawa dan juga bahagia.

Ka Lapas Kelas II A Kota Gorontalo, Ignatius Gunaidi,Bc.I.P mengatakan, saat ini sudah ada kurang lebih 46 orang warga binaan Lapas yang telah keluar, dimana saat ini telah keluar 30 warga binaan dan sebelumnya sudah keluar 16 orang. Rencananya, akan keluar lagi 20 orang bahkan lebih untuk hari selanjutnya.

“Alasan dikeluarkannya para warga binaan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Ham nomor 10 tahun 2020 berkenaan dengan penanggulangan dan pencegahan covid 19, maka diberikan asimilasi di rumah. Mereka yang mendapatkan asimilasi itu pun sudah sesuai aturan, dimana telah menjalani setengah masa pidana dan dua per tiga sampai dengan 31 Desember 2020,” jelasnya.

Lanjut kata mantan Ka Lapas Kelas II B Lamongan ini, dalam remisi ini tidak ada kasus korupsi yang dibebaskan. Rata-rata hanya yang masuk pidana umum.

BACA  Siap Terapkan New Normal, Gubernur : Besok, Skenarionya akan Dikaji

“Untuk yang akan dapatkan remisi, direncanakan 80 orang atau lebih. Nanti akan menyesuaikan. Kami proses terlebih dahulu,” ujarnya.

Ditanyakan soal pembebasan dengan menggunakan aplikasi tiktok? Kata Ignatius Gunaidi,Bc.I.P, hal tersebut merupakan permintaan dari para warga binaan. Hal tersebut tidak lain sebagai bentuk suka cita dari para warga binaan yang akan keluar.

BACA  Arief Poyuono Sesalkan Siti Fadilah Dikembalikan ke Zona Merah Rutan Pondok Bambu

“Dari pertama pelaksanaan asimilasi, warga binaan yang meminta dan itu kami iyakan. Alhamdulillah mereka keluar dengan suka cita dan berbahagia,” terangnya.

BACA  Turki Juga Kena COVID-19, Asal Penularannya Justru dari AS

Sementara itu, salah seorang warga binaan yang mendapatkan asimilasi, Nur Haris (50), warga Kabupaten Gorontalo mengatakan, dirinya mewakili rekan-rekan warga binaan lainnya mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Kemenkumham, Kanwil Kemenkumham dan Ka Lapas Kota Gorontalo terkait dengan pemberian asimilasi ini.

“Kami sangat senang, apalagi hal ini sangat dinanti-nantikan oleh kami sebagai warga binaan,” ungkapnya. (kif/hg)

Video

Loading spinner

Komentar