Senin, 23 Maret 2020
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tingkat Downforce yang Tinggi Buat Formula 1 2017 Minim overtake

Oleh Berita Hargo , dalam Sportivo , pada Rabu, 1 Maret 2017 Tag: , , , , ,
  

Hargo.co.id – Hasil tes perdana pramusim Formula 1 2017 di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, Senin (27/2), memunculkan kecemasan di kalangan pembalap. Ada kekhawatiran aksi saling overtake atau menyalip akan semakin sulit akibat tingkat downforce yang semakin tinggi.

Memang, tingkat downforce yang kian tinggi itu membuat mobil tidak bisa menempel satu sama lain saat melewati tikungan. Pasalnya, mobil yang menguntit di belakang akan terkena turbulensi udara yang dihasilkan oleh mobil di depannya.

“Saat saya di trek, saya sempat berada di belakang beberapa mobil, dan seperti yang saya duga, saya kesulitan untuk bisa terus menempel. Konstruksi ban juga bertambah keras tahun ini, jadi mereka tidak mudah aus,” ujar pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, seperti diberitakan Motorsport.

“Kemungkinan, musim ini kita akan sering hanya melakukan satu kali pitstop. Dengan degradasi ban yang lebih kecil, kemungkinan untuk melakukan kesalahan dan peluang untuk menyalip juga mengecil. Itu prediksi saya, mudah-mudahan salah, tapi kita lihat saja,” sambung Hamilton.

Sejurus dengan pernyatan Felipe Massa, yang mengaku cukup menikmati mengemudikan mobil Williams FW40. Tetapi, pembalap Brasil itu juga belum yakin akan seperti apa balapan pada musim 2017 mendatang.

“Dari sudut pandang pembalap, mobil ini lebih enak untuk dikemudikan. Tapi dari segi tontonan, saya tidak tahu. Saya yakin mobil ini membuat manuver overtake menjadi lebih sulit,” urai Massa.

Ketika sedang menempel mobil di depan, saya kehilangan banyak downforce. Mobil juga bertambah lebar. Kita lihat saja, tapi saya pikir kami akan sulit untuk overtake,” tandasnya. (ira/JPG/hg)