Selasa, 20 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tingkatkan Ekonomi, Program Perikanan Harus Berdampak

Oleh Alosius M. Budiman , dalam Legislatif , pada Kamis, 8 April 2021 | 12:05 WITA Tag:
  Ketua Komisi II DPRD Gorontalo Utara, Dedy Dunggio


Hargo.co.id, GORONTALO – Potensi kelautan dan perikanan di Gorontalo Utara (Gorut) tentu tidak diragukan lagi. Terhadap pemanfaatan potensi tersebut, dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat harus dapat dilakukan juga.

Olehnya, Anggota DPRD Gorontalo Utara, Dedi Dunggio yang juga memiliki latar belakang pengusaha bidang perikanan berharap agar program pemerintah daerah dibidang perikanan dan kelautan dapat lebih dimaksimalkan lagi. 

“Memang selama ini ada begitu banyak program perikanan dan kelautan yang disalurkan kepada masyarakat, hanya saja terhadap hasil dari pelaksanaan program tersebut juga harus ikut dievaluasi dan dilakukan monitoring secara berkala,” kata Dedi Dunggio.

Selain itu, Kata Dedi Dunggio, pelaksanaan program juga harus berkoordinasi dengan pemerintah desa. Juga pihak lainnya terutama dalam penetapan calon penerima bantuan. 

“Agar nantinya tidak akan salah sasaran. Kenapa kami berharap agar tidak salah sasaran, hal tersebut lebih kepada pemanfaatan bantuan itu sendiri ketika disalurkan,” ungkapnya.

Ketika penerima bantuan tidak sesuai, tentu kata Dedi Dunggio ini akan mengurangi nilai atau manfaat dari bantuan tersebut. 

“Dapat saja dimanfaatkan namun ketika diserahkan kepada yang bukan ahlinya maka ini akan menjadi lambat prosesnya,” tegasnya.

Di sisi lain, terhadap monitoring dan evaluasi kepada penerima dan pemanfaatan dari bantuan tersebut juga harus dilakukan secara rutin dan harus diterapkan sanksinya. 

“Ini dilakukan agar para penerima bantuan merasa termotivasi atau sebagai pemicu, karena ketika bantuan tersebut tidak termanfaatkan akan ada sanksi,” tandasnya. (abk/adv/hargo)

BACA  Jika Memiliki Rasa Peduli Terhadap Daerah, Aleg: Wajib untuk Dibantu

Komentar