Sabtu, 27 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tingkatkan Kapasitas, Kepala Desa di Kabupaten Gorontalo Bimtek di Manado

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo , pada Sabtu, 20 November 2021 | 12:05 PM Tag: , ,
  Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo saat membuka bimtek peningkatan kapasitas Kepala Desa se-Kabupaten Gorontalo, di Hotel Arya Duta Manado, Jumat (19/11/2021). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Puluhan Kepala Desa di Kabupaten Gorontalo diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang tugas dan fungsi mereka sebagai Pemerintah. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam melayani masyarakat.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, Bimtek tersebut sangat penting untuk dilakukan mengingat para Kepala desa tersebut merupakan Kepala desa yang baru dilantik beberapa bulan lalu.

“Karena mereka ini adalah para kepala desa yang baru terpilih, maka butuh pemahaman yang  benar soal tupoksi mereka sehingga bisa bekerja sesuai aturan yang ada,” kata Nelson Pomalingo saat membuka Bimtek yang dilaksanakan di Hotel Arya Duta, Manado, Sulawesi Utara, Jumat (19/11/2021).

Selain Kepala Desa, Bimtek tersebut juga diikuti oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK). Dilibatkannya TP. PKK dalam bimtek tersebut, lanjut Nelson Pomalingo, bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi antara pemerintah desa dan PKK dalam membangun desa.

Dirinya menjelaskan, Kolaborasi tersebut sangat penting untuk dilakukan untuk menangani berbagai permasalahan yang ada di desa, baik ekonomi, Covid 19 hingga masalah lingkungan seperti banjir yang akhir akhir ini sering terjadi di kabupaten Gorontalo.

“Maka sekembalinya dari bimtek, para kepala desa diharapkan memiliki pemahaman yang baik serta bisa saling berkoordinasi dengan TP.PKK dalam membangun daerah, khususnya di desa,” kata Nelson Pomalingo.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo, Fory Naway yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menjelaskan, TP. PKK merupakan salah satu organisasi yang menjadi mitra Pemerintah Daerah, terutama dalam program pemberdayaan keluarga.

“Sehingga diharapkan pelaksanaan bimtek peningkatan kapasitas dan pengenalan fungsi PKK bagi kepala desa ini akan membangun pemahaman yang baik, serta akan ada sinkronisasi antara program Pemerintah Desa dengan program-program pokok PKK,” kata Fory Naway. (***)

 

Penulis Sucipto Mokodompis

 

(Visited 26 times, 1 visits today)

Komentar