Kamis, 21 Januari 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tingkatkan Kerja Sama, Bu Susi Bertemu Presiden Jepang

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Rabu, 12 April 2017 | 10:20 WITA Tag: , ,
  


hargo.co.id – Di hari pertama kunjungan kerjanya ke Jepang, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bertemu Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Sinichi Kitaoka, Senin (10/4).

Dalam pertemuan tertutup sekitar 40 menit tersebut dibahas persoalan kelautan dan perikanan Indonesia dan Jepang, yang kebetulan memiliki persamaan Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Joko Widodo.

BACA  Distribusi Vaksin Covid-19 Dilakukan Secara Bertahap

dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada 15 Januari 2017 lalu, yang menyepakati peningkatan kerja sama Indonesia dengan Jepang dalam beberapa sektor termasuk kelautan dan perikanan.

“Kami datang ke sini untuk tagih janji PM Abe untuk kerja sama di bidang perikanan. Kami juga datang dengan menawarkan beberapa bidang kerja sama yang akan saling menguntungkan,” ujar Susi.

BACA  Sah, Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Tunggal Kapolri Pilihan Jokowi

Susi beranggapan, modernisasi industri perikanan Indonesia telah membuka peluang peningkatan kerja sama KKP dan JICA Ia meminta dukungan JICA pembangunan infrastruktur kelautan dan perikanan untuk pengembangan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

di kawasan perbatasan dan pulau-pulau terluar Indonesia, antara lain Sabang, Natuna dan Morotai Selain itu, Susi juga menawarkan kerja sama dalam peningkatan kapasitas pengujian mutu dan keamanan produk perikanan untuk mewujudkan laboratorium uji standar BKIPM(BUSKI).

BACA  Tangani Pasien Covid-19 Lebih Optimal, RSD Wisma Atlet Ubah Pelayanan

menjadi laboratorium referensi internasional sesuai standar OIE, termasuk pengujian marine biotoxin dan pelatihan inspektur perikanan untuk commercial sterilization of fishery processing technology.(chi/jpnn/hg)


Komentar