Minggu, 11 April 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Tingkatkan Kompetensi Lulusan, FSB UNG Gelar Temu Alumni

Oleh Berita Hargo , dalam Edukasi , pada Selasa, 6 April 2021 | 22:05 WITA Tag:
  Kegiatan Temu Alumni FSB UNG di Kampus 4 Bone Bolango (Foto : Istimewa/ Moh.Alwi Kakoe untuk Hargo)


Hargo.co.id, GORONTALO – Proses peningkatan kualitas lulusan bagi alumni, terus dilakukan oleh seluruh fakultas yang ada di Universitas Negeri Gorontalo (UNG). Seperti halnya Fakultas Sastra dan Budaya (FSB), dimana fakultas bekerja sama dengan Ikatan Alumni FSB melaksanakan program tersebut.

Wakil Dekan III Fakultas Sastra dan Budaya, Jafar Lantowa S.Pd M.A mengatakan, target untuk meningkatkan kualitas lulusan di FSB ini sendiri sudah menjadi fokus utama bagi pihak fakultas, terlebih lagi dengan adanya keberadaan posisi IKA ALUMNI FSB ini, tentu akan memperkuat jalannya sinergitas antara alumni dan pihak fakultas.

“Pada Temu alumni yang dilaksanakan di kampus 4 UNG Bone Bolango, secara keselurahan tidak hanya membahas terkait dengan program dan langkah kerja ke depan. Namun pada kegiatan itu, pihak Fakultas Sastra dan Budaya juga menyerahkan data lengkap mahasiswa lulusan Maret 2021 kepada pihak IKA ALUMNI FSB, yang kemudian ini akan menjadi harapan dan langkah oleh pihak fakultas kepada Ika Alumni agar para lulusan ini dapat diajak bekerjasama dengan baik demi peningkatan kompetensi,” jelasnya.

BACA  Bulan Sastra HMJ UNG 2021 Dilakukan Daring
Wakil Dekan III FSB UNG Saat diwawancari terkait dengan Kegiatan Temu Alumni Fakultas Sastra dan Budaya. (Foto Istimewa/ Moh.Alwi Kakoe untuk Hargo)
Wakil Dekan III FSB UNG Saat diwawancari terkait dengan Kegiatan Temu Alumni Fakultas Sastra dan Budaya. (Foto Istimewa/ Moh.Alwi Kakoe untuk Hargo)

Selain itu program ‘Tracer Study’ juga menjadi salah satu hal penting yang dibahas pada pertemuan tersebut. Tracer study sendiri merupakan program untuk mendata serta menelusuri terkait dengan posisi alumni apakah sudah mendapatkan pekerjaan ataupun tidak. Jika belum mendapatkan pekerjaan maka kampus melalui pihak PKM akan memfasilitasi hal tersebut dari segi pembinaan dan pelatihan mengenai lowongan pejerjaan hingga penyampaian informasi lowongan pekerjaan bagi lulusan tersebut, hal ini penting sebab akan masuk dalam program pemeringkatan perguruan tinggi.

BACA  Lewat MTQ UNG, 171 Peserta Siap Menjadi yang Terbaik

“Kegiatan Temu Alumni ini penting untuk dilaksanakan karena selain untuk tetap menjalin silaturahmi dengan pihak IKA Alumni FSB, kegiatan ini juga sebagai wujud kepedulian pihak fakultas terhadap lulusan ataupun wisudawan FSB, terlebih bagi mereka yang akan terjun langsung ke dunia kerja maupun di masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut lagi Jafar Lantowa menambahkan, pihak fakultas ingin agar lulusan ataupun wisudawan FSB mampu untuk bersaing dan berkompetisi di dunia kerja. Hal ini akan terwujud melalui sinergitas antara pihak fakultas dan Ika Alumni FSB itu sendiri. Terlebih lagi lulusan pada tahun ini didominasi dengan lulusan-lulusan ataupun wisudawan dengan predikat terpuji/cumlaude. Oleh karena itu, hal ini akan sangat disayangkan jika tidak bekerja setelah lulus sebagai mahasiswa.

BACA  ‘Anak Kolong di Kaki Gunung Slamet’, Kisah Inspirasi dari Kehidupan Anak Tentara 

“Ya bagi saya, lulusan terbaik FSB seharusnya mampu untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus menjadi mahasiswa serta mampu bekerja sama dengan baik bersama pihak Ika Alumni itu sendiri,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua IKA Alumni FSB, Indrawan Modanggu S.Pd menambahkan, dirinya sangat senang atas bertambahnya alumni bagi keluarga besar IKA Alumni FSB itu sendiri. Dengan bertambahnya alumni lulusan tahun ini, dapat makin memperkuat serta mempersolid hubungan kerjasama demi mewujudkan program-program Ika Alumni FSB.

“Saya mengucapkan selamat datang dan selamat menjadi bagian dari keluarga besar Ika Alumni FSB, bagi teman-teman lulusan Maret 2021. Semoga kita mampu memperkuat serta mempersolid hubungan kerjasama antar alumni demi mewujudkan program Ika Alumni FSB,” tutupnya. (alwi/ung/hargo)


Komentar